Comscore Tracker

Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Ini

Supaya tahu sudah seberapa dalam kita beribadah kepada-Nya

Bulan suci Ramadan merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Saat-saat di mana setiap amalan dilipat gandakan dan banyak sekali berkah yang bisa kita rasakan.

Untuk mengabadikannya kamu bisa membuat evaluasi pribadi, kira-kira apa saja hal yang sudah kamu capai dan harus diperbaiki biar bisa jadi lebih baik lagi untuk ke depannya. 

Berikut poin-poin penting isi evaluasi yang bisa kamu contek!

1. Bagaimana ketaatanmu dalam beribadah?

Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Iniunsplash.com/@rachidnl

Di tengah aktivitas sehari-hari yang padat, tidak bisa dipungkiri bahwa waktu beribadah jadi semakin terbatas karena berbagai tuntutan dunia. Karena itu di bulan Ramadan ini perlu diadakan refleksi tentang bagaimana ketaatan kita dalam beribadah. Karena pada dasarnya pahala dan berkah di bulan Suci ini sangat berlimpah. 

Jika masih kurang meluangkan waktu untuk mendekatkan diri kepada-Nya, wajib hukumnya meningkatkan intensitas kita dalam beribadah. 

2. Sudahkah cukup menyisihkan rezeki untuk sedekah?

Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Iniunsplash.com/@anniespratt

Mengejar tuntutan dunia demi menghasilkan banyak uang merupakan rutinitas yang dilakukan manusia. Tapi sadarkah kita bahwa rezeki juga termasuk titipan dari Yang Maha Kuasa? Saat kita mendapat rezeki, apakah kita sudah cukup menyisihkannya untuk bersedekah?

Dengan bersedekah rezeki yang kita peroleh akan bermanfaat dan membawa berkah. Bahkan Allah SWT menjanjikan balasan yang berlipat ganda lho jika kita rajin bersedekah. 

Baca Juga: 6 Ibadah dan Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan Selama Ramadan

3. Apa saja kebiasaan kurang baik yang berhasil ditinggalkan?

Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Iniunsplash.com/@hasanalmasi

Tak hanya urusan kepada-Nya, namun kita juga perlu memperbaiki kualitas diri agar menjadi lebih baik lagi. Sejauh ini, bagaimana kebiasaan buruk yang dimiliki? Apakah sudah berhasil mulai dikurangi atau bahkan sudah mampu ditinggalkan?

4. Berapa banyak sunah Nabi yang sudah dilaksanakan?

Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Iniunsplash.com/@rachidnl

Menjalankan berbagai sunah Nabi selagi bulan Ramadan akan memberi banyak keuntungan bagi kita di akhirat nanti. Banyaknya jumlah pahala yang dijanjikan Allah SWT akan menjadi tabungan yang sangat bermanfaat. Semakin banyak amalan sunah yang berhasil dikerjakan maka semakin banyak keberkahan yang bisa dirasakan. 

5. Apakah Ramadan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya? 

Sebelum Terlambat, Lakukan 5 Refleksi Diri di Bulan Ramadan Iniunsplash.com/@ifakhter

Secara keseluruhan, jangan lupa untuk merangkum seberapa baiknya Ramadan tahun ini dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya. Pada dasarnya manusia butuh perubahan baik yang akan juga berdampak positif pada kehidupan sehari-hari.

Nah, pada momen Ramadan sekarang pas banget untuk mengoreksi dan mengembangkan diri seperti penjelasan di atas tadi, jangan sampai dilewatkan begitu saja guys!

Baca Juga: 5 Salat Sunah Ini Bisa Dilakukan Selama Ramadan, Jadi Ladang Pahala

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya