Comscore Tracker

Bingung Mau Ngobrol Apa dengan Orang Asing? Coba 5 Tips Ini Yuk!

Kadang untuk ngobrol pun butuh usaha keras

Sering kali kita terjebak dalam sebuah situasi menjengkelkan yang mengharuskan kita untuk mengobrol dengan orang yang tidak kita kenal. Kondisi ini tentu tidak menyenangkan, terutama bagi kamu yang punya sifat introvert dan sering merasa awkward dalam obrolan asing.

Tidak usah cemas, tips-tips berikut bisa membantu kamu untuk menemukan topik yang tepat, agar obrolan kalian menjadi lebih lancar dan hangat.

1. Komentari lingkungan atau acara tempat kalian berada

Bingung Mau Ngobrol Apa dengan Orang Asing? Coba 5 Tips Ini Yuk!Pixabay/StockSnap

Ini adalah topik umum yang sering dibicarakan orang-orang. Jika kamu sedang dalam sebuah acara, pesta misalnya, kamu mulai bisa mengomentari venue, katering, atau musik yang sedang diputar. Tetapi ingat, kamu harus membicarakan hal-hal tersebut dari sisi positifnya ya. Membicarakan sisi negatif sebuah acara hanya akan menimbulkan kesan buruk terhadap dirimu sendiri.

2. Ajukan pertanyaan yang membutuhkan lebih dari sekadar jawaban ya atau tidak

Bingung Mau Ngobrol Apa dengan Orang Asing? Coba 5 Tips Ini Yuk!Pixabay/rawpixel

Untuk membuat percakapan lancar, kamu harus meniru cara para wartawan. Mereka sering kali mengajukan pertanyaan dengan rumus 5 W dan 1 H; siapa, di mana, kapan, apa, mengapa, dan bagaimana. Kebanyakan orang sangat suka membicarakan tentang diri mereka sendiri, sehingga mengajukan pertanyaan adalah cara yang sangat baik untuk memulai percakapan.

3. Cobalah untuk memuji lawan bicara kamu

Bingung Mau Ngobrol Apa dengan Orang Asing? Coba 5 Tips Ini Yuk!Pixabay/rawpixel

Semua orang suka dipuji, bahkan untuk hal-hal kecil semacam pemilihan warna lipstik. Selain itu, hal ini juga berhubungan dengan poin kedua di atas. Mengawali percakapan dengan pujian akan membuat lawan bicara kamu senang dan obrolan kalian pun akan lancar.

Baca Juga: 5 Topik Obrolan yang Bikin Cewek Instan Baper pada Cowok Baru Kenal

4. Catat kesamaan yang kalian miliki dan kembali ajukan pertanyaan lanjutan

Bingung Mau Ngobrol Apa dengan Orang Asing? Coba 5 Tips Ini Yuk!Pixabay/Free-Photos

Membicarakan tentang kesamaan yang kalian miliki bisa membuat obrolan menjadi hangat dan santai. Misalnya, “Wah, aku juga suka lagu-lagunya Taylor Swift, favoritmu yang mana?”. Lawan bicaramu pasti akan langsung bercerita dengan lancar.

5. Tetap bicarakan hal-hal ringan

Bingung Mau Ngobrol Apa dengan Orang Asing? Coba 5 Tips Ini Yuk!Pixabay/blackmachinex

Agar obrolanmu dengan orang baru itu tetap hangat, janganlah membicarakan hal-hal provokatif yang bisa memancing perdebatan. Selain itu, hindarilah dahulu topik berat seperti politik dan agama, karena lawan bicaramu belum tentu memiliki pandangan yang sama. Tetaplah pada hal-hal ringan seperti poin-poin di atas.

Demikianlah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai pembicaraan. Bagaimana, kamu sudah siap mengobrol dengan orang asing bukan?

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Orang Malas buat Ngobrol Sama Kamu

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis novel yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You