Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Bikin Artikel Website yang Banyak Dibaca 

Salah satunya jangan clickbait #IWF2020

IDN Times resmi membuka acara IWF atau Indonesia Writers Festival 2020. Di hari pertama pada hari Senin, 21 September kemarin, menggandeng SEO specialist, Septi Maulida, di sesi kelas bertajuk "Anyeogha-SEO".

Kelas yang diadakan melalui Zoom, Instagram dan YouTube live ini, menjelaskan terkait seluk-beluk SEO alias teknik meningkatkan traffic artikel di website kamu. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Buat judul yang click-worthy

IWF 2020: 5 Tips Bikin Artikel Website yang Banyak Dibaca youtube.com/IDN Times

Jika artikel kebanyakan hanya fokus pada clickbait untuk mendatangkan pembaca, kamu harus melakukan yang beda. Yap, kamu harus membuat judul yang menarik dan membuat penasaran pembaca hingga akhirnya mereka sudi untuk mengklik sekaligus membacanya. 

Judul yang clickworthy itu artinya apa, sih? Artinya tidak hanya kreatif dan menarik mengundang pembaca, tapi, harus ada kesesuaian informasi antara judul dan isi artikel yang kamu buat. Jangan sampai membuat pengunjung kecewa dengan isi artikel yang tidak nyambung. 

2. Kualitas konten harus baik

IWF 2020: 5 Tips Bikin Artikel Website yang Banyak Dibaca pexels.com/Christina Morillo

Setelah membuat judul yang berbobot, kamu harus perhatikan kualitas konten artikelmu juga. Pastikan tulisan artikelmu baik dalam segi tata bahasa hingga keterkaitan antar kalimatnya.

Hal lain yang tidak kalah penting, minimalisir pengulangan kata yang berlebihan dalam artikel, dan, perhatikan kesalahan tulisan atau typo. Selalu baca ulang sebelum dipublikasikan agar mengurangi tingkat kesalahan pengetikan. 

Baca Juga: IWF 2020: Gunakan 5 Teknik SEO Ini agar Artikelmu Dibaca Banyak Orang

3. Gunakan teknik SEO 

IWF 2020: 5 Tips Bikin Artikel Website yang Banyak Dibaca Ilustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Inilah yang paling penting agar artikelmu di media online banyak pembacanya. Tidak lain adalah menggunakan teknik SEO. Teknik ini bisa diterapkan dengan cara kamu harus memperhatikan delapan poin penting ini, pertama, struktur penulisan artikel, dari mulai judul hingga paragraf penutup. Kedua, jumlah kata di artikel minimal harus 500 kata. Ketiga, perhatikan keyword density, jangan terlalu banyak mencantumkan keyword dalam artikelmu. 

Keempat, kontrol keyword harus berada di bagian judul, sub-judul, paragraf pertama dan akhir. Kelima, jangan pernah abaikan pengisian meta title dan meta description. Keenam, selalu cantumkan backlink dalam artikelmu, entah itu internal atau eksternal link. Ketujuh, perhatikan ALT text atau nama dari gambar di artikelmu. Terakhir, cantumkan keyword dalam URL artikelmu.

4. Buat dalam bentuk listicle 

IWF 2020: 5 Tips Bikin Artikel Website yang Banyak Dibaca Ilustrasi Bekerja (IDN Times/Sukma Shakti)

Suka tidak suka, pembaca di masa kini lebih suka artikel berisi poin-poin. Coba bayangkan, apa kamu nyaman membaca artikel yang penuh dengan paragraf panjang-panjang?

Kebanyakan tidak. Maka dari itu, usahakan membuat artikel dalam bentuk list atau daftar agar sebagai pembaca juga lebih mudah menangkap isi artikelmu dan terutama pembaca tidak akan jenuh atau bosan. 

5. Gunakan long tail keyword

IWF 2020: 5 Tips Bikin Artikel Website yang Banyak Dibaca Ilustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkahir adalah menggunakan keyword yang panjangnya lebih dari tiga kata atau disebut long tail keyword. Jika, kamu hanya memakai keyword yang kurang dari tiga kata atau short tail keyword, itu akan membuat persaingan konten artikel kamu lebih tinggi. Karena, banyak orang yang mencari dengan keyword pendek, sehingga search volume-nya semakin tinggi.

Dan, biasanya, jika kamu hanya gunakan keyword yang pendek, hal itu akan membuat informasi kontenmu kabur atau tidak relate dengan yang dimaksudkan/dicari si pembaca. Jadi, kamu bisa gunakan keyword yang lebih dari tiga kata agar jelas serta tepat sasaran. 

Itulah lima tips agar artikel di website kamu bisa mendatangkan pembaca yang banyak. Selamat menulis! 

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips ala Nadhifa Tsana Ekspresikan Emosi Menjadi Tulisan

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya