Comscore Tracker

5 Tips Jitu agar Buku yang Telah Dibaca Nempel Terus di Kepala! 

Salah satunya jangan pelit berbagi pengetahuan, lho! 

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk menambah pengetahuan. Tapi, tidak sedikit yang merasa bahwa, sia-sia saja baca buku banyak, lantas lupa dalam sekejap.

Ternyata, ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi kamu pembaca buku supaya bisa terus mengingat apa yang telah kamu baca tersebut. Check it out! 

1. Pilih tempat dan situasi yang tepat

5 Tips Jitu agar Buku yang Telah Dibaca Nempel Terus di Kepala! unplash.com/Austin Distel

Kamu harus bisa mengatur konsentrasi agar tidak terbagi dengan kegiatan atau terganggu dengan situasi lain. Sebagai pembaca buku, sebaiknya memilih tempat yang nyaman, seperti di ruangan sendirian tidak di keramaian. Intinya, kamu harus memilih tempat yang ternyaman versimu, karena, ada juga yang suka membaca buku sambil mendengarkan musik. Just enjoy with your style! 

2. Mencatat poin penting

5 Tips Jitu agar Buku yang Telah Dibaca Nempel Terus di Kepala! unplash.com/Cathryn Lavery

Tidak sedikit yang membaca hanya berfokus pada bukunya saja. Padahal, apa yang kamu baca itu akan lebih menempel di ingatan ketika kamu mencatatnya. Jadi, mulai dari sekarang, siapkan selalu note ketika sedang membaca, dan mulai catatlah! 

Baca Juga: Cobain, yuk! 5 Tips Membaca Buku di Atas Kasur dengan Nyaman

3. Aplikasikan 

5 Tips Jitu agar Buku yang Telah Dibaca Nempel Terus di Kepala! pexels.com/Helena Lopes

Hal ini yang sering tidak dilakukan oleh para pembaca buku. Setelah mendapatkan pengetahuan baru dari buku bacaannya, lantas tidak dipraktikkan. Misalnya, setelah membaca buku grammar bahasa Inggris, tapi, tidak diaplikasikan pelajaran grammar itu saat berbicara. Percuma saja, justru hal itu yang membuat pengetahuan hilang dalam sekejap. 

4. Bagikan 

5 Tips Jitu agar Buku yang Telah Dibaca Nempel Terus di Kepala! pexels.com/Anastasiya Gepp

Ada beberapa orang yang memilih untuk menyimpan pengetahuannya sendiri saja. Salah satu alasannya, boleh jadi karena tidak ingin tersaingi oleh orang lain. Padahal, dengan membagikan pengetahuan, bukan berarti ilmu itu akan berkurang dari ingatan, justru hal itu akan memperkuat ingatan dengan menjelaskan serta membagikannya pada yang lain. Jangan takut untuk tersaingi, ya! 

5. Berdiskusi

5 Tips Jitu agar Buku yang Telah Dibaca Nempel Terus di Kepala! unplash.com/Christin Hume

Hal terakhir yang wajib banget dilakukan setelah membaca buku adalah berdiskusi. Terkadang, saat membaca ada saja hal yang masih belum dipahami dan butuh penjelasan lebih dari seseorang yang memang pakarnya. Maka, kamu bisa mencoba cari teman diskusi untuk menjawab pertanyaan di otakmu ketika membaca tadi. 

Itulah lima tips jitu supaya buku yang kamu baca bisa terus diingat. Selamat membaca! 

Baca Juga: 9 Tips Membaca dan Memahami Isi Buku dengan Cepat, Yuk Terapkan!

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya