Comscore Tracker

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! 

The happiness isn't to public consumption

Setiap orang memiliki perbedaan dalam mengekspresikan rasa bahagia yang dialaminya. Tak ada yang patut menyalahkan, jika seseorang tersebut ingin membagikan rasa bahagianya pada khalayak ramai. 

Perlu kamu tahu, bukan berarti orang-orang yang memilih tak membagikan kebahagiaannya itu sama sekali tidak bahagia, justru merekalah yang bahagia dengan hidupnya dan merasa tak perlu pengakuan 'mereka bahagia' dari orang lain. Sebaliknya, orang yang selalu membagikan, mengumbar, memamerkan kebahagiaan tidak menjamin itu semua benar-benar terjadi di kehidupan nyata, bukan? 

Lalu, ada 5 hal positif nih yang akan didapat jika kamu memilih untuk merahasiakannya ataupun tak mengumbarnya di depan umum. Check this out! 

1. Jujur dengan diri sendiri

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! instagram.com/styleandvibe

Memilih untuk tak mengumbar kebahagiaan di depan umum, akan membentuk pribadi yang lebih jujur. Kenapa? Karena tak sedikit orang yang membagikan kebahagiaan itu sudah dipilah dan dipilih, apa-apa saja yang harus diberitahukan, diumbar, dan apa-apa saja yang perlu disembunyikan. Hal inilah yang secara tak langsung menjadikan seseorang berbohong tentang jati dirinya pada khalayak umum. 

2. Tak perlu lelah memikirkan pendapat orang lain

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! instagram.com/styleandvibe

Terkadang pendapat orang memang diperlukan dalam hidup ini, tapi jika pendapat itu dijadikan sebagai satu-satunya acuan, itu hanya akan membuat diri sendiri stres bahkan frustrasi. Terlebih lagi jika pendapat itu berisi kata-kata negatif, hal ini tidaklah mudah untuk dilupakan, dan inilah yang membuat otak lelah memikirkannya. Kamu tak perlu lelah membuat skenario agar kamu dideskripsikan seperti ini atau itu oleh orang lain. 

3. Bisa melakukan apa pun yang kamu suka

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! instagram.com/tomholland2013

Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia ini adalah melakukan apa yang disukai. Sekalipun pekerjaan itu harus menguras banyak tenaga, tapi rasa suka untuk melakukannya akan membuat rasa lelah sirna.

Berbeda lagi jika kamu terpaksa melakukan sesuatu hanya untuk memberitahu bahwa kamu bahagia dengan pekerjaan itu. Alhasil kamu akan tertekan pada saat melakukannya sekalipun banyak orang yang memuji akan kebahagiaan yang kamu punya. 

Baca Juga: 5 Alasan Bahwa Kekayaan yang Melimpah Bukanlah Tolak Ukur Kebahagiaan

4. Hidupmu akan lebih tenang

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! instagram.com/styleandvibe

Ketenangan adalah hal yang paling dibutuhkan dalam hidup ini, percuma dipandang kaya harta, bahagia, namun perasaan was-was merajalela. Jika kamu memilih tidak mengumbar kebahagiaan, hidup akan jauh lebih tenang karena kamu tidak perlu lagi merasa was-was akan apa yang kamu lakukan. Berbeda jika kamu memilih mengumbarnya, kamu selalu takut diketahui apa yang kamu umbar tidak sesuai dengan realitas. 

5. Hidupmu akan lebih bahagia

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! instagram.com/styleandvibe

Kata bahagia tidak bisa diukur dengan selalu memamerkan atau mengumbar apa yang kamu lakukan apalagi apa yang kamu punya. Justru dengan memamerkannya boleh jadi itu karena kamu kurang bahagia, kamu masih membutuhkan statement atau pernyataan dari orang-orang bahwa kamu sedang bahagia.

Bahagia itu bukan terjadi pada saat pujian itu datang, apalagi kamu yang heboh mengatakan 'aku bahagia' justru hal itu menunjukkan bahwa kamu orang yang belum bahagia, dan butuh kebahagiaan dengan pujian orang. 

6. Menjaga privasimu

Bahagia Tak Harus Pamer, Ini 6 Hal Positif yang Akan Kamu Dapat! soompi.com

Keuntungan yang terakhir adalah kamu bisa menjaga privasi dirimu sendiri di depan publik. Siapa sih di dunia ini yang suka kehidupan pribadinya diusik oleh orang lain? Terutama jika privasimu menjadi bahan perbincangan publik? Hal ini sangat tidak menyenangkan, alih-alih mendapat kepuasan karena telah membagikan kebahagiaan, tapi yang didapat jauh dari kata bahagia. 

Nah, itu dia 6 hal positif yang akan kamu dapat jika tak mengumbar-umbarkan kebahagiaan. Rasakan bedanya! 

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Sedang Menggantungkan Kebahagiaan pada Orang Lain

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Penyembah Allah yang singgah ke bumi untuk menebarkan manfaat, someday we're gonna win.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya