Comscore Tracker

Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosi

Belajar sabar yuk! 

Tak ada kehidupan yang lepas dari masalah. Setiap orang pastinya akan diuji dengan kondisi yang berbeda. Namun begitu, untuk menghadapi ujian hidup tentunya gak semudah membalikan telapak tangan. Kunci utama agar kamu bisa bertahan yakni dengan memupuk kesabaran.

Ya, menjadi sosok penyabar itu sangatlah luar biasa. Tapi sayangnya, untuk menjalani kesabaran terbilang cukup sulit. Kamu harus mampu mengendalikan emosi dan berjiwa ikhlas. Jika kamu sanggup menjalani itu, percaya deh hidupmu akan terasa lebih bahagia.

Nah, berikut sederet manfaat yang bisa diperoleh bila kamu mampu mengontrol emosi. Simak yuk!

1. Mengontrol emosi akan membantumu terhindar dari mengambil keputusan yang tidak tepat

Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosiviu.com

Sesulit apapun bersabar itu jauh lebih baik dibandingkan kamu bersikap tergesa-gesa. Gegabah dalam mengambil keputusan justru bisa membuatmu terjebak dalam langkah yang salah.

Sebaliknya, jika kamu sanggup menahan diri maka kamu akan memiliki kesempatan untuk berpikir lebih matang atau meminta masukan pada orang lain. Dengan begitu, keputusan yang kamu buat bisa lebih tepat.

2. Suasana juga bakal adem bila kamu sanggup bersabar. Kamu pun bisa berpikir lebih jernih untuk menyelesaikan masalah

Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosidramabeans.com

Masalah yang mendadak datang di hidupmu, terkadang memang bikin panik dan resah. Dengan kamu bersikap terlalu responsif atau bahkan marah-marah, maka efeknya hanya semakin memperkeruh suasana.

Coba deh sesekali kamu kontrol emosimu. Berusahalah untuk menenangkan diri. Setidaknya dengan kamu bersabar, keadaan bisa mejadi lebih kondusif dan adem. Dengan begitu, kamu pun juga dapat berpikir lebih jernih. 

3. Yang lebih penting, menahan emosi dapat menjaga hatimu dari risiko stres serta bikin tubuhmu lebih sehat

Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosichannel-korea.com

Marah, ngambek, cemas berlebihan. Semua sikap tersebut adalah faktor pemicu stres yang seharusnya bisa kamu hindari. Sebisa mungkin, latilah dirimu agar dapat menjadi pribadi yang penyabar.

Sabar itu tak hanya memberikan manfaat pada kesehatan mentalmu. Tapi juga menghindarkanmu dari penyakit degeneratif, seperti hipertensi dan gangguan jantung.

Sebagaimana dijelaskan dalam studi yang dilakukan oleh Laura Kubzansky dari Havard School of Public Health mengungkapkan jika kondisi emosi dan stres bisa mempengaruhi lonjakan hormon kortisol dalam tubuh, yang mana efeknya bisa membaut pembuluh darah jadi semakin kencang, tekanan darah naik dan detak jantung semakin cepat. Kondisi inilah yang kemudian meningkatkan risiko penyakit degeneratif. 

Baca Juga: Stay Cool Banget, 5 Zodiak Ini Tetap Kalem Meski Sedang Emosi

4. Menjadi pribadi penyabar juga membuatmu lebih bersyukur, sehingga hidup pun terasa damai

Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosipexels.com/liam anderson

Sabar memiliki kaitan erat dengan rasa syukur. Ketika kamu sanggup mengontrol emosi dan ikhlas menerima keadaan, maka hatimu pun akan lebih mudah bersyukur.

Kamu akan menyadari bahwa sejatinya hidup ini gak akan lepas dari cobaan. Dan untuk melewatinya, kamu gak hanya butuh usaha tapi juga perlu belajar bersabar.

Tak perlu marah atau iri dengan kehidupan orang lain. Bersikap legowo akan membuat hatimu terasa lebih damai serta bahagia.

5. Percayalah, buah dari kesabaran selalu indah. Keikhlasanmu tak akan berakhir sia-sia

Ingin Hidup Bahagia? 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Mengendalikan Emosipexels.com/Murilo Folgosi

At least, hal yang perlu kamu yakini bahwa buah kesabaran itu selalu berakhir indah. Percayalah, keikhlasanmu dalam menjalani ujian hidup tak akan pernah berakhir sia-sia. Sebab Tuhan telah menjajikan kebahagiaan bagi mereka yang sanggup bersabar, yakni orang-orang yang mampu menahan amarahnya. Lalu apa yang perlu dikhawatirkan?

Sabar itu tak memiliki batasan, guys! Meski tampak sulit, sebenarnya kesabaran bisa mendatangkan nikmat tersendiri.

Nah, itulah tadi sederet manfaat yang bisa diproleh bila kamu mau belajar mengontrol emosi. Semoga bermanfaat dan bisa membantumu jadi pribadi yang lebih penyabar. 

Baca Juga: 7 Tanda Kematangan Emosional, Usia Tak Selamanya Menjamin Kedewasaan!

Amaniya Photo Verified Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You