Comscore Tracker

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Coba

Keuntungan yang bakal kamu dapat kalau ikut AuPair, nih!

Program AuPair merupakan sebuah program saling menguntungkan di mana kamu bisa tinggal di luar negeri secara gratis bersama dengan keluarga asuh mereka. Punya banyak sekali keuntungan dan hal-hal yang menarik, gak jarang program ini pun cukup direkomendasikan terutama untuk anak-anak muda yang suka dengan anak kecil dan traveling.

Buat kamu yang masih bimbang, yuk simak 6 alasan kenapa program AuPair wajib untuk kamu coba!

1. Bisa membuatmu tahu bagaimana realita tinggal di luar negeri

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Cobaeconomist.com

Program AuPair ini bisa membantu kamu untuk tinggal di luar negeri secara gratis dalam waktu yang bervariasi mulai dari satu bulan hingga bahkan satu tahun. Dan selama mengikuti program ini, maka kamu bisa mendapatkan pandangan yang lebih realistis dan detail tentang bagaimana rasanya tinggal di luar negeri.

Kamu bisa mempelajari berbagai budaya negara tujuanmu, mengetahui apakah kelebihan dan kekurangan negara tersebut hingga bahkan seperti apakah realita tinggal di sana. Dan karenanya, hal ini juga bisa mempermudahmu untuk menilai apakah negara tersebut akan cocok jadi tempat tinggalmu untuk waktu yang lama atau tidak.

2. Bisa traveling ke luar negeri dengan budget yang minim atau bahkan gratis

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Cobafreepik.com/Kireyonok_Yuliya

Kamu suka traveling atau punya mimpi jalan-jalan ke luar negeri tapi masih belum punya uang yang cukup? Kamu gak perlu lagi merasa khawatir, karena kamu bisa coba ikutan program AuPair buat jalan-jalan ke luar negeri dengan budget yang minim atau bahkan gratis, lho!

Seperti yang kita tau, program AuPair ini merupakan program timbal-balik di mana kamu bakalan tinggal bersama dengan keluarga asuh di luar negeri. Kamu memiliki kewajiban untuk menjaga anak-anak mereka selama orang tua asuhmu bekerja dan sebagai gantinya mereka memiliki kewajiban untuk menanggung biaya hidupmu.

Dan karena sistemnya seperti keluarga, maka kamu pun akan diperlakukan layaknya anak mereka sendiri di mana kamu bisa tinggal di rumah mereka secara gratis dan mendapatkan uang jajan yang sesuai dengan kesepakatan kalian. Selain itu, biasanya keluarga asuh ini juga ikut menanggung biaya transportmu dari Indonesia mulai dari setengahnya saja hingga bahkan seluruhnya, lho!

3. Bisa membantumu meningkatkan berbagai kemampuan dalam diri

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Cobafreepik.com/katemangostar

Gak cuma buat seru-seruan aja, program AuPair ini juga bisa mendatangkan banyak manfaat buatmu terlebih untuk perkembangan dirimu, lho!

Tinggal di luar negeri sendirian tentu pada akhirnya akan membuatmu keluar dari zona nyamanmu. Hal ini dikarenakan nantinya kamu pasti juga akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang kompleks dan tak terduga.

Berbagai situasi yang kompleks dan tak terduga inilah yang nantinya akan membentukmu menjadi sosok yang lebih hebat lagi dan merangsang berbagai kemampuanmu untuk muncul ke permukaan. Kemampuan-kemampuan ini meliputi kemampuan beradaptasi, berkomunikasi, menyelesaikan masalah, merawat anak kecil dan lain sebagainya.

Bakalan cocok banget buat anak muda yang pengin mengembangkan diri sendiri, nih!

Baca Juga: Aupair, Batu Loncatan Buat Kamu yang Ingin Lanjut Study ke Luar Negeri

4. Bisa membantumu untuk lebih mengenali diri sendiri

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Cobafreepik.com/freepik

Selain bisa membantumu meningkatkan berbagai kemampuan diri, program AuPair ini sebenarnya juga bisa membantumu untuk lebih mengenali diri sendiri, lho!

Tinggal jauh dari negara asal dan keluargamu, lantas membuat kamu pun harus keluar dari zona nyaman dan melakukan segala hal sendirian. Gak cuma itu aja, kamu juga dipaksa untuk bisa melewati batasan-batasan yang mungkin dulunya tanpa sadar mengurung dirimu.

Meski kedengarannya cukup menakutkan, tapi sebenarnya hal ini juga bisa membuatmu pada akhirnya lebih mengenali dirimu sendiri, lho!

Hal-hal ini bisa membantu mempercepat prosesmu dalam mencari jati diri yang mana tak jarang juga bisa membuatmu menemukan berbagai bakat terpendammu. Gak cuma itu aja, kamu bisa jadi lebih yakin tentang hal-hal yang kamu sukai hingga bahkan hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu.

5. Bisa membuat kemampuan bahasamu berkembang dengan lebih pesat

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Cobaces-schools.com

Selain untuk kamu yang suka traveling, program AuPair ini juga bakalan cocok banget buat kamu yang suka belajar dan ingin fasih berbahasa asing. Hal ini dikarenakan program AuPair gak cuma membuatmu bisa tinggal di luar negeri, tapi juga membuatmu bisa mempelajari bahasa nasional negara tujuanmu dengan para penutur aslinya.

Tiap negara punya kriteria dan peraturannya masing-masing, tapi secara garis besar mereka akan mewajibkan para AuPair untuk belajar bahasa setempat di sekolah bahasa terdekat. Dan kerennya, biasanya sekolah bahasa ini biayanya juga ikut ditanggung oleh keluarga asuhmu, lho!

Maka dari itu selain bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu, program AuPair ini juga bisa membuatmu mempelajari atau meningkatkan kemampuan bahasa asing lainnya. Dijamin bakalan seru banget, deh!

6. Bisa menjadi batu loncatanmu untuk melanjutkan studi di luar negeri

Tinggal Gratis di Luar Negeri, 6 Alasan Program AuPair Harus Kamu Cobafreepik.com/freepik

Tau gak sih, kalau sebenarnya banyak juga yang menjadikan program AuPair ini sebagai bantu loncatan mereka untuk melanjutkan studi di luar negeri?

Selama menjadi AuPair, tentu kamu bisa mengumpulkan banyak perbekalan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Gak melulu tentang uang, perbekalan ini juga bisa mencangkup kemampuan bahasa, informasi perkuliahan yang lebih detail hingga bahkan informasi mengenai biaya hidup di sana.

Dengan mengikuti program AuPair ini, kamu pasti gak perlu lagi merasakan culture shock ketika memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri. Hal ini dikarenakan kamu sudah lebih dulu terbiasa dan beradaptasi selama program AuPairmu berlangsung.

Yakin nih gak mau ikutan program kece yang satu ini?

Nah, itulah 6 alasan kenapa program AuPair wajib untuk kamu coba. Jadi gimana nih? Kamu tertarik gak ikutan program yang satu ini?

Baca Juga: 5 Cara Jitu Biar Mudah Beradaptasi Jika Tinggal di Luar Negeri

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya