Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!

Menjaga lingkungan gak melulu harus ribet, lho!

Bicara tentang kelestarian lingkungan, rasanya saat ini kita gak bakal bisa menghindari fakta kalau semakin hari lingkungan di sekitar kita semakin jauh dari kata asri dan lestari. Penggunaan sampah plastik yang berlebih, emisi karbon yang gila-gilaan, penggundulan hutan hingga bahkan penggunaan bahan-bahan kimia membuat lingkungan kita jauh dari kata baik-baik saja.

Pandemi COVID-19 yang entah kapan usainya sekarang ini juga membuat pergerakan kita untuk melestarikan lingkungan jadi jauh lebih terbatas. Seperti contohnya, kita gak bisa lagi melakukan aksi-aksi volunteering karena diharuskan untuk tetap di rumah saja dan menjauhi kerumunan.

Meski begitu, ternyata masih ada beberapa cara mudah untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan yang bisa kamu lakukan dari rumah, lho! Yuk, langsung kepoin aja cara-caranya di bawah ini!

1. Gunakan barang-barang yang bersifat reusable

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!Ilustrasi barang reusable (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Siapa nih yang masih suka pakai barang-barang sekali pakai dengan bahan dasar plastik? Kalau kamu pengin berkontribusi dalam menjaga lingkungan, ada baiknya kamu segera menghentikan kebiasaanmu yang satu ini, deh!

Seperti yang kita tau, plastik termasuk salah satu bahan yang susah untuk diuraikan. Tapi faktanya nih, penggunaan plastik di Indonesia sendiri bisa mencapai angka 64 juta ton dalam setahun, lho! Kebayang gak sih bakal seperti apa lingkungan kita kalau terus-terusan menimbun plastik yang bahkan butuh waktu hingga 100 tahun untuk bisa terurai?

Karenanya tentu kita perlu berusaha untuk sebisa mungkin mengurangi penggunaan plastik dan menciptakan lingkungan yang minim sampah. Nah, salah satu cara mengurangi sampah plastik ini adalah dengan mulai menggunakan barang-barang yang bersifat reusable atau bisa digunakan kembali berulang kali.

Contohnya, kamu bisa mengganti gelas atau botol minuman plastik dengan botol air yang bisa dipakai berkali-kali. Selain itu, kamu pun bisa mengganti barang-barang lain seperti kantung plastik menjadi tas belanja, sedotan plastik menjadi sedotan stainless steel atau bambu hingga bahkan pembalut menjadi menstrual cup.

Selain bisa bantu menyelamatkan bumi, gaya hidup zero waste ini sebenarnya juga bisa menyelamatkan dompetmu, lho!

Yakin nih, gak mau memulai gaya hidup yang satu ini?

2. Pilah dan daur ulang sampah di rumah

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!E-flyer aplikasi eRecycle (instagram.com/erecycle.id)

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan mendaur ulang sampah-sampah di rumah. Nah, buat kamu yang tinggal di daerah Jakarta, Tangerang, Depok serta Bekasi dan masih bingung bagaimana cara mendaur ulang sampahmu, kamu gak perlu khawatir lagi karena sekarang ada aplikasi eRecycle yang siap membantumu, nih!

Merupakan sebuah aplikasi daring untuk penjemputan sampah terpilah, eRecycle bisa membantumu dalam mengumpulkan serta mendaur ulang sampah-sampah terpilah di rumahmu. Karenanya, kamu pun bisa tetap ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan meski di tengah pandemi seperti saat ini dan meski kamu berada di rumah saja.

Buat kamu yang tertarik coba, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi eRecyle di Play Store ataupun App Store pada HP lalu daftarkan dirimu sesuai dengan arahan yang ada. Setelah itu, kamu tinggal menentukan titik penjemputan serta jumlah sampah plastik, kaca maupun kertas yang ingin kamu daur ulang.

Oh iya, jangan lupa untuk memastikan kalau sampah-sampah yang ingin didaur ulang tersebut sudah dalam keadaan yang bersih sebelum diserahkan, ya! Karena seperti yang kita tau, sampah yang keadaannya kotor justru bisa membuat sampah-sampah tersebut jadi bersifat unrecyclable atau tidak terdaur ulang.

Kalau semuanya sudah beres dan sampah-sampahmu sudah dalam keadaan bersih, kamu tinggal menunggu tim eRecycle untuk datang menjemput sampah-sampah terpilah di rumahmu aja, deh! Simpel, banget kan?

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Kegiatan Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Libur

3. Belanja secara bijak dengan memilih produsen yang peduli terhadap lingkungan

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!Green commitment Garnier (instagram.com/garnierindonesia)

Next, #OneGreenStep lain yang bisa kamu lakukan dari rumah adalah berbelanja secara lebih bijak dengan memilih produsen-produsen yang peduli dan mampu berkomitmen kepada lingkungan.

Seperti yang kita tau, proses produksi pabrik biasanya menghasilkan banyak banget limbah maupun polusi yang bisa merusak lingkungan. Meski begitu, sekarang juga sudah cukup banyak produsen yang mulai peduli dan berusaha untuk meminimalisir dampak-dampak buruk dari kegiatan produksi mereka tersebut, lho!

Salah satu produsen yang peduli terhadap lingkungan tersebut adalah Garnier yang bahkan dengan lantang menggalakkan kampanye berbunyi #GarnierGreenBeauty. Salah satu bentuk komitmen yang ditunjukkan Garnier lewat kampanye ini adalah memastikan kemasan produknya gak cuma terbuat dari plastik yang dapat didaur ulang, tapi juga dibuat langsung dari plastik yang sudah didaur ulang.

Selain itu, Garnier juga menggunakan teknologi mini hydro power system yang pada akhirnya berhasil mengurangi sekitar 60 persen penggunaan air serta 84 persen emisi karbon dalam proses produksi mereka.

Yang bikin lebih menarik, Garnier juga menanamkan pohon bakau untuk setiap pembelian produk Garnier senilai Rp100 ribu yang kamu lakukan lewat aplikasi Shopee, lho! Karenanya dengan membeli produk-produk dari Garnier maka kamu secara tidak langsung juga sudah aktif berperan dalam menyelamatkan dan menghijaukan lingkungan kita.

Bener-bener definisi menjaga lingkungan secara effortless, nih!

4. Beralih gunakan produk dengan kandungan yang lebih ramah lingkungan

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!Garnier green beauty (instagram.com/garnierindonesia)

Pernah kepikiran gak sih, kira-kira seberapa buruk dampak yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dalam produk yang kita pakai sehari-hari? Gak cuma bisa mencemari tanah, bahan-bahan kimia ini nyatanya juga bisa mencemari air dan membunuh makhluk hidup yang ada di air, lho!

Karenanya, kamu memang diharuskan untuk bersikap lebih bijak dalam menentukan produk-produk yang kamu pakai. Pokoknya jangan sampai produk yang kamu pakai justru mengandung bahan-bahan kimia yang nantinya bisa merusak lingkungan, ya!

Selalu berinovasi dan peduli terhadap lingkungan, untuk produk perawatan kulit sendiri kamu tentunya bisa mempercayakan pilihanmu terhadap Garnier. Karena faktanya nih, Garnier termasuk salah satu produsen yang memproduksi produk-produk kecantikan mereka dengan kandungan yang benar-benar berasal dari alam.

Karenanya tentu produk-produk yang dihasilkan oleh Garnier adalah produk-produk yang ramah lingkungan. Bahkan kerennya lagi, sejak tahun 2018 ternyata produk-produk scrub dari Garnier sudah gak lagi menggunakan plastic microbeads, lho!

Selain baik untuk lingkungan kita, penggunaan produk dengan bahan yang alami seperti produk-produk dari Garnier ini tentunya juga baik untuk kesehatan kita sendiri. Dan buat kamu yang berkulit sensitif, tentunya kamu gak perlu khawatir karena produk-produk Garnier ini tentunya bakal aman banget untuk kulitmu.

Let's say hi to better skin and environment!

5. Singkirkan sampah yang tidak bisa didaur ulang secara bijak dan tepat

#GreenBeauty 5 Cara Mudah Menjaga Lingkungan dari Rumah, Effortless!Ilustrasi donasi pakaian (freepik.com/@peoplecreations)

Last but not least, salah satu cara mudah menjaga lingkungan dari rumah adalah dengan menyingkirkan sampah yang tidak bisa didaur ulang secara bijak dan tepat.

Seperti yang kita semua tau, gak semua sampah di rumah kita bisa didaur ulang kembali atau dibuang ke tempat sampah. Beberapa barang seperti baju, buku, barang elektronik atau bahkan minyak goreng bekas nyatanya gak bisa kita buang begitu saja dan perlu perlakuan khusus ketika sudah gak dipakai lagi.

Agar sampah-sampah tak terdaur ulang ini gak berakhir berdampak buruk bagi lingkungan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat hendak menyingkirkan sampah-sampah ini dari rumah.

Yang pertama adalah dengan cara mendonasikan barang-barang yang masih layak digunakan tapi sudah gak kamu perlukan lagi seperti pakaian, buku maupun barang elektronik. Selain itu, kamu pun juga bisa menjual kembali barang-barang tersebut ketimbang kamu buang begitu saja, lho!

Sementara untuk sampah seperti minyak goreng bekas juga perlu perlakuan khusus. Karena jika dibuang begitu saja ke saluran air, yang ada justru minyak goreng bekas ini bisa mencemari air dan tanah serta menyumbat saluran air di rumahmu. Karenanya untuk membuang sampah berupa minyak goreng bekas ini kamu perlu memasukkannya ke dalam wadah lebih dulu sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Buat kamu yang tertarik bergabung dengan #GarnierxIDNTimes dalam kampanye Garnier Green Beauty, kamu bisa coba baca dan mempelajari lebih lengkapnya di situs https://garnier.co.id/green-beauty, ya!

Baca Juga: #GreenBeauty Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Bumi Tetap Aman

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya