TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Kembangkan Self Worth untuk Kamu yang Sering Ragu dan Insecure

Pahami dulu empat tips ini agar kamu lebih maju

Ilustrasi dua orang yang sedang mengerjakan sesuatu (pexels.com/Armin Rimoldi)

Menurut penelitian dari University of North Carolina Wilmington, self worth adalah perasaan cukup untuk layak dicintai dan dimiliki oleh orang lain. Dalam Teljeunes, ada empat komponen penting dalam membentuk self worth, yakni kepercayaan diri, identitas, perasaan memiliki, dan perasaan kompeten. Dengan ini, self worth sangat penting dipahami dan dikembangkan untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Untuk bisa lebih berkembang dan memaknai hidup, diperlukan eksplorasi untuk bisa memahami kemampuan diri. Maka dari itu, kamu perlu menyimak empat tips mengembangkan self worth ini agar bebas dari ragu dan insecure! Supaya kualitas dirimu semakin meningkat dan kamu semakin semangat dalam mencapai hal-hal hebat.

Baca Juga: 5 Tips Mencintai Diri Sendiri Wajib Kamu Coba, Simple Kok!

1. Perluas wawasan dengan literasi tentang self improvement

Ilustrasi lelaki yang sedang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gunakan kebebasan dan keluangan waktumu untuk mencari informasi-informasi berkualitas. Salah satunya, tingkatkan literasi tentang self improvement sebagai penunjang value diri.

Manfaatkan media sosial kamu untuk mengikuti akun-akun yang expert di bidang yang ingin kamu dalami. Hal tersebut bisa memacu semangatmu untuk berkembang lebih baik dan mengetahui self worth-mu.

Baca Juga: 5 Langkah untuk Mengembangkan Skill dan Karier yang Stagnan

2. Lakukan evaluasi dan refleksi diri

Ilustrasi lelaki yang sedang bekerja dan menghiraukan ponsel (pexels.com/Michael Burrows)

Setelah awareness tentang self worth-mu sudah meningkat, saatnya kamu melakukan refleksi dan evaluasi diri. Seperti contohnya, melakukan analisis strength, weakness, opportunity, dan threat (SWOT) dalam dirimu untuk bisa berkembang lebih baik.

Perbaiki hal-hal yang jadi kesalahanmu selama ini. Lalu, realisasikan hal-hal positif yang kamu dapatkan dari berbagai sumber informasi.

3. Bergabung dengan komunitas atau perkumpulan yang menghargai dan mendukungmu

Ilustrasi orang-orang yang positive vibes (pexels.com/fauxels)

Lingkungan membawa pengaruh yang besar dalam melakukan setiap aksi di hidupmu. Jika lingkungan sekitarmu positif dan suportif, maka kamu akan semakin semangat dalam beraksi positif pula.

Bergabunglah dengan komunitas atau organisasi atau circle pertemanan yang mendukungmu untuk mengetahui self worth. Mereka yang selalu senang berbagi informasi bermanfaat, mengingatkanmu jika salah, dan mampu berkembang bersama.

Baca Juga: 7 Tips Mengembangkan Pertumbuhan Diri secara Optimal

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

A full time learner in life | Instagram: adiraaliffa & perahuteduh, twitter: @deardir1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya