TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Terlalu Optimis dalam Hidup Ternyata Malah Gak Baik

Karena malah bisa membuatmu jadi kurang hati-hati

Pexels.com/Helena Lopes

Seperti yang kita tahu pada umumnya bahwa optimis merupakan kata sifat yang bermakna baik dan positif, akan tetapi perlu diketahui juga kalau sampai terlalu optimis pada hidup justru malah gak baik lho. Karena percaya atau tidak, kalau sudah berlebihan malah bisa mendatangkan dampak buruk untuk diri sendiri.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa alasannya dengan lebih jelas, jadi simak baik-baik ya!

1. Tidak bisa memandang sesuatu dengan realistis

Pexels.com/Fauxels

Alasannya yang pertama kenapa terlalu optimis malah gak baik yaitu karena hal ini bisa membuatmu jadi tidak realistis dalam memandang sesuatu. Sebab kamu terlalu optimis, yakin bahwa kamu bisa mendapatkan dan meraihnya, padahal semua orang pasti ada batasnya. Kamu juga perlu memperkirakan sesuatu dengan logika dan lebih realistis pada hal-hal tertentu, kan.

2. Kecewa sangat dalam jika dihadapkan kegagalan yang di luar dugaan

Pexels.com/Cottonbro

Terlalu optimis dalam hidup juga gak baik karena bisa membuatmu merasakan kekecewaan yang sangat dalam kalau dihadapkan kegagalan yang tak terduga. Itulah mengapa realistis itu penting, agar harapanmu tidak terlalu tinggi dan optimismu tidak menghancurkan perasaanmu sendiri. Padahal gagal itu wajar dialami semua orang, akan tetapi karena terlalu optimis kamu jadi merasa sangat terpukul.

Baca Juga: 5 Alasan Terlalu Optimis Justru Bisa Membahayakan Dirimu Sendiri

3. Membuat diri jadi kurang hati-hati

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian alasannya yang ketiga kenapa terlalu optimis malah gak baik ialah karena hal itu bisa memancing dirimu jadi kurang berhati-hati. Terlalu optimis dan semangat membuatmu lupa untuk membuat perhitungan dan merencanakan sesuatu dengan lebih matang. Akibatnya tentu saja kamu sama sekali tidak siap jika ada hal di luar rencana yang terjadi.

4. Bisa dikira angkuh oleh orang lain lho

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Keempat, terlalu optimis lama kelamaan juga bisa dikira angkuh oleh orang lain lho. Misalnya, disaat seseorang menceritakan keberhasilannya kamu pun mengatakan bahwa kamu juga bisa melakukannya. Itu karena kamu sudah terbiasa terlalu optimis yang membuatmu jadi lupa kalau siksp seperti itu justru terkesan sombong dan angkuh.

Baca Juga: 7 Drakor tentang Cara Meningkatkan Rasa Optimis, Cewek Wajib Tahu!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya