TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Sikap Bijaksana yang Ada Dalam Diri Seorang Introvert, Kamu Punya?

Kamu harus bangga nih jadi orang introvert!

instagram.com/vousmevoyez

Individu yang memiliki kepribadian introvert ialah mereka yang biasanya terlihat lebih diam dari kebanyakan orang. Namun di balik diamnya seorang introvert mereka juga memiliki banyak hal-hal baik yang gak terduga lho. Kamu mungkin akan kaget dan gak nyangka kalau seseorang yang mungkin kamu gak sukai, karena sifat diamnya ternyata punya 8 kelebihan istimewa seperti ini!

1. Memprioritaskan orang lain

Unsplash.com/GREG KANTRA

Saat ditanyai mengenai keinginannya terhadap suatu hal biasanya introvert akan membiarkan orang yang melakukannya terlebih dahulu. Selain karena mereka malu untuk menjadi yang pertama, introvert melakukan ini sebab punya kebiasaan menomor duakan diri sendiri. Bisa bermanfaat bagi orang lain dengan mendahulukan mereka adalah kebiasaan baik nan istimewa yang introvert punya.

2. Gak kepo sama urusan orang lain

pexels.com/Pixabay

Nah, kamu beruntung banget nih kalau punya seorang teman yang berjiwa tertutup seperti introvert. Mereka adalah tipe yang tidak suka ikut campur dengan urusan orang dan menghargai privasi. Saat kamu sedang menghadapi masalah dan jadi perhatian banyak orang, introvert tidak berusaha mengulik kebenaran yang terjadi. Justru mereka akan memperlakukanmu dengan penuh kehati-hatian agar tidak menyinggung privasi kalian.

3. Menjaga hubungan silaturahmi dengan baik

Unsplash.com/Ariana Prestes

Kalau kamu merasa orang introvert itu cuek berarti kamu belum benar-benar mengenal mereka. Justru diam-diam introvert suka memperhatikan orang dan keadaan di sekitarnya. Lewat aksi tersembunyi itu juga introvert sering kali hadir di saat kamu membutuhkan.

Baca Juga: Dear Ekstrovert, 7 Hal Ini Harus Kamu Pahami dari Teman Introvertmu

4. Punya rasa tanggung jawab yang tinggi

unsplash.com/Austin Human

Mereka bukanlah tipe orang yang suka sembarangan bertindak tanpa berpikir panjang. Introvert akan membuatmu merasa nyaman karena mereka rela berkorban demi orang secara cuma-cuma. Ketulusan hati mereka ini menandakan bahwa introvert adalah seorang yang berhati lembut dan berjiwa hangat.

5. Menghargai setiap hal kecil

unsplash.com/Matic Kozinc

Jika banyak orang yang lebih menganggap hal besar yang ada, lain halnya dengan introvert. Mereka justru lebih melihat hal-hal kecil dan menghargai itu. Introvert punya pemikiran bahwa hal-hal kecil lah yang akan menuntun kita ke dalam hal yang lebih besar dan bermakna.

6. Tidak suka merepotkan orang lain

unsplash.com/Todd Diemer

Membicarakan kelebihan orang introvert itu memang butuh waktu lama, sebab sejatinya yang biasa kita anggap acuh justru orang yang istimewa. Seperti introvert yang ternyata punya kebiasaan anti merepotkan orang lain. Mereka terbiasa mengurus semuanya sendiri dan tidak ingin jadi beban bagi orang banyak. Sekalipun sedang merasa kesusahan introvert tidak akan mudah meminta tolong sebab terlahir sebagai seseorang yang mudah merasa gak enak sama orang lain.

7. Pendengar yang sangat baik

unsplash.com/Larm Rmah

Meskipun kamu memulai cerita dari A-Z seorang introvert tidak keberatan lho menjadi pendengar yang setia. Introvert tidak pandai bercerita sehingga akan sangat menyenangkan jika bisa mendengar orang lain asyik bercerita dengan dirinya. Kamu menemukan orang yang tepat untuk curhat saat bertemu dengan para introvert guys!

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan Soal Introvert dan Ekstrovert, Sudah Tahu?

Verified Writer

Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya