TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Saran untuk Kamu yang Masih Suka Mengeluh Saat Dapat Ujian Hidup

Biar gak merugikan diri sendiri? 

ilustrasi wanita menangis (pexels.com/Liza Summer)

Menjalani hidup memang tidak semudah yang kita bayangkan, bahkan begitu banyak hambatan dan ujian yang memaksamu untuk mengeluh dan tidak bersemangat lagi. 

Jika kamu sedang berada di posisi semacam ini, sedikitnya ada lima saran buat kamu yang masih suka mengeluh saat mendapati ujian hidup. Biar tahu lebih jelasnya, keep reading, ya. 

1. Pahami bahwa apa yang kamu lakukan tidak akan memecahkan masalah

ilustrasi wanita bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Hambatan yang sering kali hadir dalam hidupmu bisa berasal dari mana saja, entah karena faktor internal maupun eksternal. Namun, dari mana pun alasannya, mengeluh bukanlah jalan akhir yang jadi pilihan terbaik. 

Pahami dengan baik bahwa apa yang kamu lakukan tidak akan memecahkan suatu masalah, bahkan yang ada hanya membuat ujian hidupmu kian bertambah berat karena tidak ada problem solved di dalamnya. 

Baca Juga: 5 Ujian saat Menjalin Hubungan yang Perlu Kamu Ketahui

2. Ingat bahwa masih banyak orang yang tetap semangat meski ujian hidupnya lebih sulit

ilustrasi orang luka (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengeluhkan sesuatu yang menitikberatkan hidupmu memang kesannya sangat wajar, apa yang sedang kamu alami memang bukan sesuatu yang menyenangkan maupun membahagiakan. 

Namun, ingatlah bahwa masih banyak orang yang tetap semangat meski ujian hidupnya lebih sulit. Belajar dengan baik dari mereka, apa yang kamu alami masih belum seberapa dibanding yang lainnya. 

3. Gunakan akal sehatmu untuk tetap berpikiran jernih demi mencari jalan keluarnya

ilustrasi orang merenung (pexels.com/Ariel Paredes)

Mengeluh di saat ujian hidup menghampiri memang bukan sesuatu yang biasa terjadi, bahkan sebagian orang sangat mewajarkan hal ini karena sifatnya sangat menguras mental. 

Namun, mengeluh bukanlah opsi terbaik. Kamu harus tetap semangat agar bisa menggunakan akal sehatmu untuk tetap berpikiran jernih demi mencari jalan keluarnya. 

4. Selalu keluarkan semua unek-unek yang ada di kepala agar hidupmu lebih tenang

ilustrasi orang berteriak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ujian hidup bukanlah perkara yang bisa dianggap remeh, bahkan mengeluh seperti suatu hal yang bakalan terjadi di saat hidupmu sedang mendapati banyak ujian berat. 

Pada akhirnya, yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan unek-unek yang ada di kepalamu, tujuannya agar semua beban yang ada dihidupmu bisa lepas dengan sempurna tanpa ada yang tersisa lagi. 

Baca Juga: 6 Alasan untuk Gak Meninggalkan Pasangan di Tengah Ujian Hidup 

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya