TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memperluas Wawasan, Lakukan Hal Ini

Semua orang cenderung suka ngobrol sama yang wawasannya luas

ilustrasi belajar (pexels.com/cottonbro)

Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kita untuk terus upgrade diri agar lihai dalam menangani berbagai perubahan yang cepat. Terlebih, di era disrupsi saat ini kemudahan mengakses informasi menjadi kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk mengeruk ilmu sedalam-dalamnya agar menjadi individu yang memiliki wawasan luas. Seseorang yang memiliki wawasan yang luas adalah mereka yang luas pengetahuannya dan selalu ingin tahu. Memiliki pengetahuan yang luas adalah investasi. 

Untuk mengetahui tips agar memiliki wawasan yang luas, simak 5 tips berikut! 

1. Menumbuhkan motivasi untuk belajar 

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Plaquadlo)

Untuk melakukan sesuatu kamu memerlukan motivasi yang kuat, tak terkecuali untuk belajar sesuatu agar wawasan kamu luas. 

Untuk meningkatkan motivasi belajar kamu bisa memulai dengan membuat jadwal harian. Selain itu, kamu dapat mencari tipe belajar versi kamu,, di mana tipe belajar itu ada tipe visual, auditory, read/write, atau kinestetik. Jika sudah mengenal tipe belajar versi kamu, motivasi kamu akan meningkat karena dapat belajar dengan menyenangkan dan memudahkan. 

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  

2. Ubah mindset 

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Plaquadlo)

Kamu punya mindset, "Kewajiban belajar hanya ketika di ruang kelas" maka mindset tersebut harus diubah dengan belajar dari mana pun dan kapan pun. Sejatinya lingkungan di manapun kita berada merupakan sumber belajar dan ilmu pengetahuan.

Ketika memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajari, maka hal tersebut merupakan satu langkah kamu dalam mengembangkan diri. Mengingat dalam realitsa kita bukan hanya memerlukan ilmu akademis, tetapi ilmu non akademis pun sangat menunjang hidupmu yang lebih baik. 

3. Baca dan update

Ilustrasi membaca(Pexels.com/Christina Marillo)

Untuk menjadi individu yang memiliki wawasan yang luas kamu perlu banyak membaca dan update dengan hal-hal baru, agar ketika kamu ngobrol dengan orang di sekitarmu kamu dapat mengimbangi dan nyambung bersama mereka. 

Misalnya kamu harus rutin membaca berita terkini terkait dengan situasi ekonomi, politik, sosial, teknologi, dll yang berkaitan dengan edukasi. Jadi jangan kebanyakan baca berita gosip, ya, guys! Gunakan waktu sebaik mungkin. 

4. Membangun komunikasi yang aktif 

Ilustrasi wanita berbincang (Pexels.com/fauxels)

Cara agar kamu berwawasan luas, satu di antaranya kamu perlu banyak berkomunikasi dengan orang sekitar terutama dengan mereka yang memiliki wawasan yang luas. 

Sempatkan diri kamu untuk ngobrol, berdiskusi di setiap harinya bisa dengan teman, sahabat, kakak, adik, dll. 

Baca Juga: 8 Channel YouTube Buat Kamu yang Butuh Hiburan Sambil Menambah Wawasan

Verified Writer

Aneu Rizky Yuliana

A girl without others.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya