Comscore Tracker

5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  

Perluas wawasamu dengan membangun kebiasaan baik  

Seseorang yang berpengetahuan luas ialah orang yang mengetahui banyak hal. Pandai dalam membahas dan mengaitkan sesuatu, karena ia memiliki wawasan yang luas. Seseorang yang seperti ini biasanya sering diandalkan oleh orang-orang sekitar.

Kelebihannya dalam mengetahui sesuatu dibanding orang lain membuat banyak orang menyukai, lho. Lantas, saat ini apakah kalian  sudah bisa dikatakan mempunyai wawasan luas? Jika belum, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan.

1. Tumbuhkanlah rasa ingin tahu lebih 

5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  ilustrasi belajar bersama (pexels.com/ Budgeron Bach)

Seseorang yang memiliki wawasan luas memiliki kebiasaan sering bertanya. Ia selalu ingin tahu lebih dalam tentang segala hal. Dari keingin tahuan tersebutlah membuat dirinya dijuluki berpengetahuan luas.

Caranya mudah, yakni jangan pernah merasa puas dengan apa yang kamu ketahui saat ini. Dengan begitu akan memicu munculnya rasa ingin tahu lebih yang menjadi dasar seseorang berpengetahuan dan berwawasan luas.

2. Rajinlah membaca buku 

5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  ilustrasi membaca buku (pexels.com/Streetwindy)

Tips selanjutnya, yakni rajin membaca buku. Seperti kata-kata mutiara, buku adalah jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan manusia. Dengan membaca buku akan banyak pengetahuan yang kamu dapatkan.

Maka dari itu, luangkan waktu untuk membaca buku setiap hari. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas membaca buku. Ingat, jangan menunggu waktu luang tapi luangkan waktu untuknya.

Baca Juga: 5 Kualitas yang Dimiliki Pasangan dengan Wawasan Luas

3. Berdiskusilah dengan orang lain 

5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  ilustrasi diskusi (pexels.com/RODNAE Production)

Setiap orang memiliki perbedaan, baik pola pikir, kepribadian, bahkan pengetahuan dan wawasan. Untuk memperluas wawasan, kamu bisa berdiskusi dengan orang lain, lho. 

Banyak pengetahuan yang bisa kamu pelajari dari pengalaman orang lain yang tentu berbeda denganmu. Bangun dan jalin relasi dengan orang baru agar kamu mempunyai teman baru dan insight yang luas.

4. Perbanyak pengalaman dengan mengikuti organisasi 

5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  ilustrasi organisasi (unsplash.com/Annie Spratt)

Mencari pengalaman di organisasi atau perkumpulan bisa menjadi wadah untuk memperluas wawasan. Di dalam organisasi, kamu akan bertemu banyak orang, berkegiatan bersama, dan melakukan suatu aktivitas baru.

Hal ini, menjadikanmu terus bergerak maju dan menambah pengalaman sekaligus wawasan. Tapi ingat, carilah perkumpulan yang positif dan bukan yang toksik yang malah membawamu pada keburukan, ya.

5. Jangan malu bertanya 

5 Tips Menjadi Seseorang yang Memiliki Wawasan Luas  ilustrasi menunjuk laptop (unsplash.com/Mimi Thian)

Sering orang berkata kemampuan manusia itu berbeda-beda. Boleh jadi kamu bisa menembus keterbatasan dengan meningkatkan pengetahuan tentang suatu hal.

Banyak bertanya bisa membuat seseorang berwawasan luas. Bukan berarti bodoh, tapi ia ingin tahu lebih perihal yang belum diketahuinya.

Itu tadi beberapa tips menjadi seseorang yang berpengetahuan dan berwawasan luas. Terapkan mulai sekarang agar keberuntungan karena kepandaian meliputimu.  

Baca Juga: 5 Cara Berpikiran Positif agar Hidup Lebih Tenang

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Menulis adalah caraku untuk mengekspresikan rasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya