TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sebab Menyindir Orang Lewat Media Sosial Itu Kesalahan Fatal

Jangan sekali-kali dilakukan!

unsplash/ John Tuesday

Keberadaan media sosial bisa digunakan untuk dua tujuan, yakni bertujuan positif dan juga negatif. Kalau kamu memilih menggunakannya untuk hal positif, tentu manfaatnya bisa banyak sekali. Seperti membantumu mendapatkan teman baru, sebagai galeri foto pribadi, sampai mencari referensi tempat liburan, dan juga rekomendasi kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Sebaliknya, jika digunakan untuk tujuan yang negatif, media sosial justru bisa jadi bumerang buatmu. Misalnya saja, kamu senang melontarkan sindiran melalui dunia maya, seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Walau gak seketika, tapi dampak yang ditimbulkan bisa fatal, lho.

1. Bisa jadi salah sasaran

unsplash/ Tore F

Namanya juga menyindir, tentu kamu gak bakal menyebutkan secara gamblang siapa sih, sebenarnya orang yang dituju. Hanya saja kamu menyelipkan beberapa clue, yang mengarah ke hal-hal burut tentangnya. Misalnya saja, kamu menyebut dia sebagai "si kribo" karena rambutnya yang ikal. 

Padahal, bisa saja di antara banyak follower-mu, gak hanya dia yang mempunyai rambut keriting. Praktis, kalimat sindiran yang kamu tuliskan itu, bisa salah sasaran dan membuat banyak orang lain tersinggung, karena merasa dia yang kamu maksud. Nah, lho nambah musuh kan jadinya?

Baca Juga: Tanpa Menyindir, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Pamer di Sosmed

2. Memancing orang lain untuk tahu masalahmu

unsplash/ David Emrich

Dengan memposting sindiran tersebut, bisa mengelitik keingintahuan orang yang gak bersangkutan, untuk kepo kamu sebenarnya ada masalah apa. Alhasil, bukannya dia yang kamu tuju yang merespon, justru kamu bakal kebanjiran pertanyaan dari orang-orang yang gak tahu apa-apa.

Siap-siap jadi artis dadakan nih. Emang enak diberondong pertanyaan yang sama terus menerus?

3. Orang akan berpikir kamu tidak dewasa

unsplash/ BBH Singapore

Sering membuat status-status bernada menyindir, akan membangun image kalau kamu itu gak dewasa. Iya dong, mana ada orang dewasa yang bersikap kekanak-kanakan seperti itu? Mungkin kamu belum menyadari, kalau media sosial itu secara gak langsung bisa menjadi sarana untuk mem-branding dirimu sendiri. Apa yang kamu upload, posting, atau tulis itu mencerminkan kepribadianmu di mata orang lain.

4. Tentu saja itu gak akan menyelesaikan masalah

unsplash/ 陆初雪 SWEETHEART💘(@luchuxue1997)

Sadar atau gak, menyindir seseorang lewat dunia maya sama sekali gak menyelesaikan masalah. Justru sebaliknya, seperti yang sudah kita bahas di poin sebelumnya. Bukannya membuat orang yang dituju sadar, justru apa yang kamu tulis tadi bisa menimbulkan masalah baru, lho. Mulai dari ada orang lain yang ikut tersinggung, sampai membangun image buruk buatmu. Fatal juga kan?

Baca Juga: Tanpa Menyindir, Ini 5 Cara Menyikapi Orang yang Suka Pamer di Sosmed

Verified Writer

Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya