TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berprofesi Sebagai Reporter, Ini 5 Hal Positif yang Akan Kamu Peroleh!

Sudah siap jadi reporter?

pexels.com/Fox

Sebagian orang mungkin menjadikan profesi jurnalis sebagai pekerjaan. Namun tahukah kamu? Ada banyak hal positif yang bisa kita peroleh jika mengemban profesi keren ini. Meski memiliki risiko, namun bekerja sebagai reporter akan membuat seseorang kaya informasi dan menjadi pribadi yang disiplin di lapangan.

Ada beberapa hal positif yang bisa diperoleh jika kamu berprofesi sebagai reporter. Seperti lima hal berikut ini.

1. Berpikir kritis dalam menanggapi setiap isu

Pixabay.com/ Pexels

Dengan menjadi reporter, kamu akan terasah untuk terus berpikir kritis. Ini penting sebagai modal utama seseorang jika ingin terjun menjadi reporter. Berpikir kritis membuat kita mampu mencerna setiap isu yang akan kita tulis sebagai berita. Bahkan berpikir kritis membuat kita tidak mudah puas menerima jawaban narasumber yang kita wawancarai, dengan begitu akan ada banyak informasi yang terungkap, sehingga konten berita yang kita tulis lebih berisi dan menyentuh masalah.

Selain itu, berpikir kritis juga memudahkan kita membaca data-data hasil liputan di lapangan, sehingga kita bisa mengolah data tersebut sebagai referensi tambahan. Dengan begitu tulisan akan lebih berbobot dan terpercaya.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Sangat Beruntung Punya Pasangan Seorang Reporter

2. Jadi pribadi serba bisa

Unsplash.com/ NeONBRAND

Seiring majunya teknologi, reporter pun dituntut untuk menjadi pribadi serba bisa. Kita tentu tidak heran melihat reporter media online yang dalam seketika bisa meliput suatu berita sembari merekam gambar atau video.

Selain mewawancarai narasumber, reporter dituntut bisa menulis, bisa mengambil gambar layaknya fotografer, hingga merekam video. Semua bisa dilakukan seorang reporter. Meski kelihatannya sedikit rumit, namun jika sudah terbiasa, pekerjaan tersebut akan mudah dilakukan dan membuat seseorang jadi multitalenta.

Menjadi jurnalis atau reporter membuat seseorang jadi terbiasa membaca. Ini karena membaca akan membantu reporter menemukan informasi yang lebih banyak dan akurat untuk mendukung penulisan berita. Misalnya, jika kamu ingin jadi reporter olahraga atau sport, maka harus mengerti dan paham tentang istilah di bidang olahraga. Untuk itu reporter harus gemar membaca. Selain menjadi nilai tambah dalam mendukung pekerjaan, membaca juga membuka cakrawalamu untuk mengetahui banyak ilmu-ilmu baru. Keren kan.

 

4. Memiliki banyak relasi

Pixabay.com/ klimkin

Tidak bisa dipungkiri, menjadi reporter membuka gerbang bagimu untuk bertemu orang-orang penting yang mungkin selama ini hanya bisa dilihat di layar televisi. Kamu akan berhadapan dengan para pejabat seperti menteri, anggota DPR, hingga presiden. Profesi ini menuntutmu untuk bertemu langsung dengan tokoh-tokoh berpengaruh yang kompeten di bidangnya agar beritamu akurat. Makanya tidak heran, kalau seorang reporter memiliki banyak rlasi untuk mendukung pekerjaannya.

Baca Juga: Gak Gampang, Kamu Harus Tahu Bagaimana Sulitnya Menjadi Jurnalis!

Verified Writer

Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya