TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantau

Yang mau merantau wajib merapat!!

Unsplash/Velvet Morris.

Merantau tentu dirasakan oleh sebagian orang, entah karena urusan pekerjaan hingga pendidikan. Merantau tentu mengubah pola hidup seseorang yang tentunya berpengaruh besar dalam hubungan dengan orang terdekat baik keluarga ataupun pacar.

Bila kamu masih ragu-ragu apakah kamu sudah siap LDR dan berjauhan dengan keluarga dan teman-teman terdekat, kamu wajib nih simak list dibawah ini untuk memastikan kamu sudah siap belum merantau.

Yuk check this out!

1. Kamu pernah mengalami pertengkaran hebat

dramabeans.com

Pertengkaran gak melulu berdampak buruk terhadap hubungan. Terkadang setelah pertengkaran hubungan justru bertambah kuat asal dihadapi dengan dewasa. 

Bila kamu sudah pernah bertengkar dengan orang terdekatmu sekali saja dan berhasil melaluinya dengan baik, selamat kamu sudah bisa menjadi anak rantau, nih! Karena nantinya saat kamu jauh dari orang terdekatmu kamu akan menemukan banyak masalah. Setidaknya pengalaman pertengkaranmu itu akan membantumu menghadapi masalah lain.

2. Gak manja, kamu gak harus menghabiskan 24/7 waktumu bersama-sama

allkpop.com

Jika sudah menemukan bahwa kamu gak harus bersama dengan orang terdekatmu, baik keluarga dan pacar dalam semua aktivitas sosialmu ini merupakan tanda bahwa kamu sudah siap menjadi anak rantau.

Kamu sudah tau bagaimana membuat dirimu tetap bahagia meski terpisah jarak dan waktu. Kamu juga menemukan dirimu sangat independen dan gak bergantung seperti anak kecil.

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Homesick bagi Anak Rantau

3. Komunikasimu gak sebatas fisik namun juga intuisi

twitter.com/MYJENNIE_TH

Pernah gak kamu tahu perasaan orang terdekatmu bahkan sebelum mereka mengatakannya? Jika kamu benar-benar terhubung dengan orang terdekatmu hubunganmu gak sebatas hubungan fisik semata.

Selalu ada bukan berarti selalu ada setiap waktu tapi selalu hadir saat dibutuhkan. Kamu tahu kapan orang-orang terdekatmu membutuhkan. Jika begini berarti kamu sudah siap menjalani hubungan jarak jauh dan merantau, karena kamu sudah tau mana hubungan yang harus diprioritaskan.

4. Syarat mutlak! Orang tuamu sudah memberikan izin

dramabeans.com

Bagaimanapun orang tua sudah mengalami asam manis kehidupan dan kaya akan pengalaman. Mereka tentu wajib dilibatkan dalam pengambilan keputusan besar seperti merantau yang yang tentunya berpengaruh terhadap perubahan kehidupanmu. Jika restu orang tua sudah dikantongi, kamu sudah dianggap mampu untuk hidup mandiri sebagai anak rantau.

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Rasakan Ketika Baru Merantau

Verified Writer

Annisa Marifah

music enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya