TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Efek Buruk Terlalu Sering Mengeluh, Bikin Rugi Diri Sendiri! 

Kurangi kebiasaan ini agar kamu lebih bahagia

ilustrasi efek buruk mengeluh (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mengeluh merupakan hal yang wajar dan pasti dialami oleh siapa pun. Sebab, suatu hari pasti akan ada saatnya di mana kita sudah merasa lelah dan gak sanggup lagi menahan apa yang kita rasakan. Salah satu cara kita untuk mengekspresikan adalah dengan mengeluh. Akan tetapi, terlalu sering mengeluh juga gak baik, lho.

Ada sederet efek buruk yang akan menimpa kita dan membuat rugi diri sendiri. Sebelum terlambat, ada baiknya kenali dulu apa saja efek buruk akibat terlalu sering mengeluh yang akan kamu jumpai berikut ini.

1. Mengeluh hanya akan membuat energi terkuras 

ilustrasi efek buruk mengeluh (pexels.com/Liza Summer)

Mungkin terdengar sepele tapi kenyataannya mengeluh juga butuh energi yang besar, lho. Energi yang seharusnya bisa kamu alihkan pada hal-hal yang lebih berguna justru kamu keluarkan untuk mengeluh. Semakin banyak yang kamu keluhkan, semakin besar pula energi  terkuras, semakin besar pula kesempatan yang kamu lewatkan begitu saja.

Sesekali mengeluh gak apa-apa, kok hanya saja kalau kamu ingin menghemat energi untuk disalurkan ke hal yang jauh lebih bermanfaat sebaiknya kurang-kurangi mengeluh. Jangan sampai efek buruk akibat terlalu sering mengeluh ini membuat energimu terkuras, gak hanya secara fisik dan  juga mental.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Membuat Masalah Terasa Lebih Sederhana, Jangan Mengeluh!

2. Mengeluh bisa bikin bad mood seharian

ilustrasi bad mood (pexels.com/Anna Shvets)

Mengeluh hampir setiap hari ternyata punya efek buruk, yakni bisa bikin kamu bad mood seharian. Padahal mungkin, kegiatan tersebut kamu lakukan gak sampai 5 menit. Mengeluh hanya akan bikin mood jadi jelek.

Imbasnya gak hanya ke diri sendiri saja tapi juga bisa mengenai orang lain. Padahal mood kamu sepenuhnya tanggung jawab kamu, lho. Orang lain gak berhak sama sekali untuk menerima imbas dari apa yang kamu rasakan. Jadi, masih pengen ngeluh terus gak, nih? Pastinya gak, dong.

3. Sering mengeluh akan membuatmu jadi orang yang mudah pesimis

ilustrasi pesimis (pexels.com/Nicola Barts)

Sekali atau dua kali mengeluh mungkin belum begitu terasa apa efek buruknya. Namun, saat kita mengeluh dengan frekuensi yang terlalu sering justru malah akan mengubah kita jadi sosok yang mudah pesimis. Keluhan demi keluhan hanya akan membuat pikiranmu selalu dipenuhi dengan pikiran negatif.

Pikiran ini juga yang akan mendominasimu dan kelak akan membuat kamu jadi orang yang pesimis. Gak jarang, belum dilakukan saja kamu sudah pesimis duluan. Padahal mungkin sepele namun, ternyata rentetan efek buruk dari sering mengeluh cukup membahayakan.

4. Terlalu sering mengeluh cuma bikin kamu tambah stres  

ilustrasi seorang pria sedang stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyaknya aktivitas membuat kita kadang stres. Masalah demi masalah yang dihadapi gak jarang bikin pikiran jadi makin gak karu-karuan. Ketika sudah di fase seperti ini, sebaiknya jangan imbuhi dengan mengeluh dan berulang-ulang dilakukan. Bila kamu memulai kebiasaan terlalu sering mengeluh kamu jelas harus siap dengan konsekuensi bahwa kamu akan tambah stres dibuatnya.

Sudah dipenuhi banyak pikiran negatif masih ditambah lagi dengan hal-hal yang negatif. Sebaiknya, alihkan keluhan itu pada hal lain entah dengan bercerita, menulis apa yang kamu rasakan, atau aktivitas lain yang setidaknya tidak membuatmu mengeluh terus menerus.

Baca Juga: 5 Tips Hentikan Kebiasaan Suka Mengeluh, Kembalilah Produktif!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya