TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Hemat Pengeluaran Jelang Lebaran, Gak Bikin Kantong Jebol!

Jangan boros untuk persiapan Lebaran, ya!

ilustrasi seorang perempuan sedang belanja online (freepik.com/tirachardz)

Menjelang hari raya Idulfitri, banyak orang berburu segala kebutuhan untuk merayakan momen spesial tersebut. Namun, seringkali pengeluaran yang tidak terkontrol membuat suasana hati menjadi kurang nyaman.

Oleh karena itu, kamu wajib tahu, nih, tips hemat pengeluaran jelang lebaran agar momen meriah tetap bisa dirayakan tanpa harus membebani kantong. Berikut adalah lima tips yang bisa kamu terapkan, ada apa saja?

1. Rencanakan pengeluaran dengan matang 

ilustrasi merencanakan pengeluaran dengan matang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika kita akan mempersiapkan segala kebutuhan jelang lebaran, sangat penting untuk merencanakan pengeluaran dengan matang agar hemat. Dengan merencanakan anggaran dengan cermat, kita dapat memprioritaskan kebutuhan yang paling penting dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Selain itu, dengan memiliki rencana anggaran yang jelas, kita dapat mengontrol pengeluaran dengan lebih baik dan menghindari terjadinya pengeluaran impulsif. Dengan demikian, kita dapat mengalokasikan uang dengan bijak dan mampu menghemat pengeluaran. Dengan begitu, momen lebaran dapat tetap dirayakan dengan gembira dan bahagia tanpa terbebani oleh masalah keuangan yang berlebihan.

Baca Juga: 12 Meme Belanja Baju Lebaran Ini Lucu Pol, THR Aman? 

2. Belanja kebutuhan lebih awal 

ilustrasi belanja kebutuhan (pexels.com/Gustavo Fring)

Belanja kebutuhan lebaran lebih awal dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk menghemat pengeluaran jelang lebaran. Dengan belanja kebutuhan lebih awal, kita dapat memanfaatkan waktu dan mencari harga yang lebih murah.

Selain itu, dengan membeli barang lebih awal, kita dapat menghindari harga yang naik menjelang hari raya karena tingginya permintaan. Belanja lebih awal juga memungkinkan kita untuk membandingkan harga dari beberapa toko dan memilih toko yang menawarkan harga terbaik.

3. Manfaatkan diskon dan promo 

ilustrasi diskon dan promo (pexels.com/Pixabay)

Diskon dan promo ditawarkan oleh toko online ataupun toko offline pada umumnya, terutama menjelang hari raya, untuk menarik pelanggan. Dengan memanfaatkan diskon dan promo, kita dapat membeli barang dengan harga yang lebih murah dan menghemat pengeluaran.

Gak hanya itu, toko atau bank seringkali memberikan program reward atau cashback yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan lebih. Hal ini tentu sangat membantu dalam menghemat pengeluaran, sehingga uang yang dikeluarkan dapat lebih efektif dan efisien.

4. Kenakan barang yang sudah dimiliki 

ilustrasi mengenakan baju yang sudah dimiliki (pexels.com/PNW Production)

Kita tidak perlu membeli pakaian baru atau aksesori yang mahal untuk dipakai saat lebaran. Dengan mengenakan pakaian atau aksesori yang sudah dimiliki, kita dapat menghemat pengeluaran yang seharusnya dikeluarkan untuk membeli barang baru.

Dengan mengenakan barang yang sudah dimiliki, kita juga dapat menunjukkan bahwa kita menghargai dan memanfaatkan barang yang sudah dimiliki sebelumnya. Kita bisa mencoba mengombinasikan pakaian lama dengan aksesori baru atau mengubah tampilan dengan cara yang sederhana, seperti mengubah tatanan rambut atau gaya berpakaian.

Baca Juga: 5 Tips Bukber Hemat, Budget Terbatas Namun Bekesan!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya