TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Niatnya Perhatian, 5 Sikap Ini Malah Bikin Orang Lain Sebal

Perhatian boleh, asal jangan berlebihan, ya!

psychologytoday.com

Dalam bersikap terhadap orang lain, sudah seharusnya kamu berhati-hati, meskipun itu terhadap orang terdekat. Tidak semua perilaku yang maksud dan tujuannya baik, dapat ditangkap sama oleh orang lain. Mungkin dalam pikiran kamu, tindakan tersebut merupakan bentuk perhatian, tapi bisa saja orang lain yang mendapat perlakuanmu malah merasa risih dan sebal.

Apa saja sih sikap yang kamu pikir bentuk perhatian, eh malah bikin orang lain sebal? Yuk, lihat 5 sikapnya di bawah ini!

1. Bertanya Urusan Orang Lain

rd.com

Selain karena "kepo", kadang kita bertanya soal urusan orang lain karena ingin tahu bantuan apa sih yang bisa kita berikan. Atau, daripada percaya dengan gosip-gosip tentangnya yang beredar, kamu lebih memilih untuk mengkonfirmasi langsung dengan orang yang bersangkutan.

Namun, kalau tanpa dibahas duluan kamu sudah langsung bertanya, hal itu malah bikin risih orang lain, lho! Selain bikin risih, kamu bisa aja dianggap lancang. Kalau kamu terus-terusan bersikap begitu, bisa jadi orang-orang akan menjauhimu karena merasa enggak nyaman.

2. Mengingatkan Seseorang untuk Melakukan Suatu Kegiatan Tertentu

bestlifeonline.com

Kayaknya tanpa diingatkan, setiap orang juga bakal ingat deh dengan kegiatan-kegiatan yang memang harus dia lakukan. Misalnya saja makan, beribadah, mandi, bekerja, dan masih banyak lagi.

Sekedar mengingatkan agar aktivitas-aktivitas tersebut tidak terlewat sih sah-sah saja, asal jangan terlalu sering dan berlebihan. Hal itu dapat memberikan kesan mengatur dan memaksa.

Padahal dilakukan atau tidak kegiatan tersebut, merupakan hak masing-masing dari setiap individu. Orang lain juga tahu kok apa resikonya kalau mereka tidak melakukan kegiatan tersebut, dan mereka tentu akan bertanggung jawab dengan dirinya sendiri.

Baca Juga: Bikin Sakit Hati Terus, Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Iri yang Berlebihan

3. Memberikan Saran Tanpa Diminta

psychologytoday.com

Kadang kala saat orang lain curhat, ia hanya ingin didengarkan saja, bukan diberikan petuah-petuah. Meskipun kamu berniat membantu dengan memberinya saran untuk menghadapi masalah yang diceritakannya, tapi bisa saja ia jadi sebal dan malah tidak mendengar saranmu sama sekali. Apalagi, kalau kamu memberinya saran tanpa diminta.

Banyak faktor yang membuatnya sebal mendengar saranmu, salah satunya karena ia merasa bahwa kamu tidak pernah mengalami apa yang tengah dia ceritakan. Daripada sok-sok memberi saran, lebih baik kamu diam dan jadi pendengar yang baik saja. Jika memang ia meminta saranmu, barulah kamu bisa menyampaikan apa yang menurutmu baik untuk dilakukan.

4. Memberikan Banyak Pujian

bincangsyariah.com

Pujian yang kamu berikan bisa saja terdengar menyebalkan, lho! Apalagi tak ada angin, tak ada hujan, kamu tiba-tiba memuji dengan berlebihan. Ingat, ya! Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Niatnya memuji dengan tulus karena ingin mengapresiasi, tapi karena disampaikan dengan "lebay", bisa jadi terdengar seperti mengejek dan bernada sarkasme.

Lebih baik pujian yang kamu berikan, berdasarkan atas prestasi dari orang yang memang ingin kamu puji. Tapi tentu, disampaikan dengan secukupnya saja ya, biar tidak ditangkap negatif oleh orang yang mendengarnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!

Verified Writer

Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya