Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!

Mengagumi diri juga ada batasnya, lho

Sesungguhnya, perasaan bangga dan kagum pada diri sendiri bukanlah masalah bila dalam batas yang wajar. Sebab, perasaan bangga dan kagum dalam batas wajar adalah bentuk dari penghargaan diri. Namun, sebagai manusia biasa kita sering tergoda untuk merasa bangga dan kagum secara berlebihan terhadap diri sendiri.

Padahal, secara langsung atau tidak langsung hal tersebut akan membuat kualitas hidup menurun, lho. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui kalau perasaan bangga dan kagum terhadap diri sudah berlebihan? Jangan khawatir, coba cek 5 tanda berikut, ya.

1. Merasa tidak ada yang bisa menandingi dirimu

5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!pexels.com/Rafael Barros

Orang yang mengagumi dirinya secara berlebihan, biasanya juga tak akan jauh-jauh dari kesombongan. Ya, hal ini karena ia yakin kalau tak ada orang lain yang bisa menyamai atau menandingi dirinya, entah itu dari segi fisik, harta kekayaan, relasi dan lain sebagainya. Ia merasa jauh lebih hebat dari orang lain, akibat perasaan bangga dan kagum yang terlalu berlebihan tersebut.

2. Sering haus akan pujian

5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!pexels.com/Taiwili Kayan

Memuji dan dipuji adalah hal yang wajar dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita semua tentu senang mendengar pujian yang diucapkan orang lain untuk diri kita. Namun, bagi orang yang terlalu mengagumi dirinya sendiri, ia merasa kalau pujian adalah hal yang wajib diucapkan untuk dirinya.

Ia merasa wajar dan pantas untuk mendapatkan pujian dari setiap orang, padahal penilaian orang tentu berbeda-beda dan tidak bisa dipaksakan. Jadi, bila seseorang sudah berlebihan dalam menanggapi pujian, bahkan terkesan sombong, mungkin saja ia terlalu bangga dan kagum pada dirinya sendiri.

3. Senang merendahkan orang lain

5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!unsplash.com/Ben White

Berkaitan dengan sikap sombong, orang yang mengagumi dirinya secara berlebihan juga mungkin punya kebiasaan yang tidak terpuji. Misalnya, senang merendahkan orang lain. Ia merasa kalau orang lain itu tidak setara atau tidak ada apa-apanya dibandingkan dirinya. 

Hal itu pula yang memicu dirinya untuk bersikap sombong dan merendahkan orang lain. Apalah arti mengagumi diri secara berlebihan kalau pada akhirnya tidak membawa manfaat apapun dan justru menimbulkan hal-hal yang negatif. Jadi, tetap usahakan agar kamu mampu menjaga kerendahan hati, ya.

Baca Juga: 7 Tanda Nyata Orang Sombong yang Sering Gak Disadari

4. Bila hanya terlalu fokus pada keindahan fisik, sampai lupa dengan keindahan hati

5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!unsplash.com/Alexis Brown

Memiliki fisik menarik adalah hal yang didambakan oleh hampir setiap orang. Nah, bila kamu merasa memiliki fisik yang menarik, maka syukurilah hal tersebut.

Namun ingat, jangan terlalu fokus hanya pada keindahan fisik saja ya, keindahan hati juga tak kalah penting dan perlu kamu jaga dengan baik. Sebab, keindahan hati juga dapat membuat seseorang tampil lebih menarik, lho. Jadi, jangan lupakan hal ini ya!

5. Merasa kalau pamer adalah suatu keharusan

5 Tanda Kalau Kamu Mengagumi Diri Secara Berlebihan, Gak Baik Lho!pexels.com/bruce mars

Godaan untuk pamer akan jauh lebih besar pada orang-orang yang senang mengagumi dirinya secara berlebihan. Mereka merasa kalau pamer adalah suatu keharusan atau kewajiban. Mereka merasa tidak damai sebelum bisa memamerkan apapun yang menurut mereka bisa dipamerkan pada orang lain. Entah itu kepada orang-orang di sekitarnya atau melalui media sosial.

Tentu, jika pamer dilakukan sesekali dan dengan maksud positif, misalnya saat meraih prestasi membanggakan, bukanlah suatu masalah selama masih wajar. Malah, prestasi yang dibanggakan tersebut mungkin bisa menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik. Jadi, tetap bersikap bijak ya!

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu mengagumi diri secara berlebihan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Ternyata Orang yang Sombong, Sering Gak Disadari Nih!

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya