TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak Jelas

Pas banget buat kamu yang sedang mengalami hari buruk!

pixabay/Jeshoots-com

Dalam menjalani keseharian, tidak semua dapat berjalan sesuai yang kita rencanakan. Walaupun kita sudah berusaha untuk bertindak sesuai rencana, kadang ada-ada saja hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Jika kejadian tersebut adalah peristiwa yang menyenangkan, tentu dengan senang hati kita akan menyambutnya.

Namun, berbeda halnya ketika 'kejutan' tersebut adalah peristiwa tak menyenangkan atau bahkan menyedihkan. Adalah hal yang wajar jika kamu merasa kewalahan dalam menghadapinya, terlebih karena peristiwa tersebut terjadi begitu saja tanpa diduga sebelumnya. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit hatimu? Ini dia 5 hal di antaranya. Yuk, simak!

1. Mengisolasi diri

unsplash.com/Yuris Alhumaydy

Adanya pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi tanpa kita duga sebelumnya pastilah menguras energi karena membuat kita merasakan berbagai emosi negatif, seperti kesal, marah, kecewa, dan sedih. Pada saat-saat seperti ini, kita akan merasa kesulitan untuk berpikir jernih. Akibatnya, kita menjadi mudah tersinggung dan mudah terpancing amarah hanya karena hal-hal sepele.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin tanpa sengaja kita akan melampiaskan emosi negatif kita pada orang-orang di sekitar kita walaupun mereka tak ada kaitannya dengan kejadian tak menyenangkan yang baru saja kita alami. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mencari ruang dan waktu khusus untuk berdua hanya dengan diri sendiri.

2. Terima dan luapkan perasaan

Pixabay/Free-Photos

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ketika kita sudah berduaan dengan diri sendiri adalah menyadari perasaan yang sedang kita rasakan. Apapun perasaan yang muncul dan bergejolak di benakmu, yang perlu kamu lakukan adalah menyadari dan menerimanya. Usahakanlah untuk tidak menyangkal perasaan-perasaan tersebut. Tak apa jika kamu ingin menangis untuk sementara waktu.

Kamu tak harus selalu tampil tegar. Untuk saat-saat seperti ini, jujurlah pada dirimu sendiri. Jika kamu masih merasa sesak, kamu juga bisa menulis uneg-uneg pada secarik kertas lalu membakarnya atau menyobek dan membuangnya, sehingga tak ada yang mengetahui apa yang kamu torehkan pada kertas tersebut.

Baca Juga: Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangat

3. Memutar musik yang menenangkan

pixabay.com/Luisella Planeta Leoni

Untuk membantumu menenangkan pikiran dan meredakan gejolak di hatimu, kamu bisa memutar lagu favoritmu. Jika hal itu dirasa kurang membantu, kamu bisa mencoba memutar lagu yang liriknya sesuai dengan situasi dan kondisimu saat ini, sehingga kamu tak merasa sendirian. Kamu juga bisa memutar musik tanpa lirik bertempo lambat. Nada-nada yang dilantunkan oleh instrumen tersebut dapat membantumu untuk menerima peristiwa tidak menyenangkan yang baru saja kamu alami.

4. Membaca kutipan menenangkan yang sesuai dengan kondisi diri

pixabay.com/Thought Catalog

Sembari mendengarkan musik, kamu juga bisa mencari kutipan-kutipan yang sesuai dengan situasi dan kondisimu. Usahakanlah untuk membaca kutipan yang menenangkan dan menginspirasi. Salah satu kutipan yang bisa menjadi referensi adalah 'breathe. It's only a bad day, not a bad life,' yang dikutip dari aktor kenamaan Johny Depp. Dengan begitu, kamu akan mampu berdamai dengan kenyataan dan kembali bersemangat menjalani aktivitas.

Baca Juga: 5 Motivasi Masuk Akal Biar Semangat Menulismu Gak Luntur

Verified Writer

Athanasia Dianri

Good vibes, good life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya