TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gunakan 9 Cara Ini Untuk Mengganti Kebiasaan Mindermu Menjadi Percaya Diri

Sedikit sih, tapi yakin bisa?

nashcophoto.com

Merasa minder dan gak percaya diri? Itu berarti kamu masih belum tahu beberapa hal yang bisa menyadarkan betapa istimewanya kamu. Untuk mengurangi rasa mindermu itu, kamu bisa gunakan cara-cara ini.

1. Kenali siapa sebenarnya dirimu.

kaylabrookephotography.com

Banyak orang yang belum benar-benar mengenal siapa dirinya, kemampuan dan ketrampilan apa yang dimilikinya. Coba deh satu jam setiap hari, duduk termenung dan pikirkan apa yang kamu bisa.

2. Berpikir positif dengan pribadi sendiri.

unsplash.com/KeranLookJoy

Apapun hal yang kamu punya, baik itu kecil maupun besar, semuanya itu bagus. Tidak ada yang jelek dari dirimu. Makanya berpikirkan positif untuk hal-hal yang kamu lakukan.

3. Berlatih bersyukur untuk hal apapun.

unsplash.com/MiladaVigerova

Untuk segala hal yang kamu dapatkan, jangan lupa bersyukur. Baik itu masalah yang baik ataupun buruk, apapun itu pasti ada manfaatnya.

Baca Juga: 9 Hal Berbeda yang Dilakukan Oleh Wanita Percaya Diri, Cerdas dan Berkharisma. Apakah itu Kamu, Girls?

4. Ikut banyak organisasi dan kegiatan.

okcu.edu

Kalau kamu mau menumbuhkan rasa percaya diri, tantang dirimu untuk mengikuti kegiatan yang berhadapan dengan banyak orang. Bergaullah dengan orang-orang di dalamnya, pasti hal itu akan membuatmu bertumbuh.

5. Nikmati proses di mana kamu akan merasa grogi.

lifehacker.com

Proses ini wajar kok dialami, jangan mundur hanya karena mengalami hal satu ini. Apa yang membuatmu grogi ataupun takut, bakal menjadi pelajaran berharga untuk dirimu. Cobalah berpikir positif dan beradaptasilah.

6. Lebih proaktif dalam menghadapi masalah ataupun dalam percakapan.

nashcophoto.com

Kalau sudah bergabung dalam suatu organisasi, jangan cuma duduk diam di pojokan dan menunggu dipanggil. Proaktif-lah dalam percakapan, dalam menghadapi masalah. Kamu juga bisa banyak bertanya dan mengemukakan pendapat kamu. Tidak perlu berkecil hati kalau pendapatmu belum diterima, namanya juga proses belajar.

7. Jangan takut kalau melakukan kesalahan.

diycollegeprep.wordpress.com

Katanya, kalau kamu belajar sesuatu namun tidak melakukan kesalahan itu aneh. Maka dari itu, jangan takut kalau kamu melakukan sesuatu yang salah. Hal ini akan semakin melatih rasa percaya dirimu.

8. Jangan jaim, ikutlah tertawa.

time.com

Jika ada yang lucu, jangan jaim, ikutlah tertawa. Tidak perlu merasa bahwa kamu tidak punya hak untuk tertawa. Ikut mengalir saja dengan situasi dan obrolan orang.

Baca Juga: Stop Lakukan 8 Kebiasaan Buruk Ini Jika Tidak Ingin Kehilangan Percaya Diri

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya