TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tetap Seru, Ini Tips Aman Bermain Lato-lato

Tetap perhatikan keamanan diri kamu selama bermain, ya!

ilustrasi lato-lato (IDN Times/Bayu Aditya Suryanto)

Viralnya permainan lato-lato yang muncul di sosial media membuat masyarakat berbondong-bondong ingin mempraktikkan permainan ini secara langsung. Permainan yang dilengkapi oleh dua bola dan terikat oleh tali ini dimainkan dengan cara digoyang hingga kedua bola bertumbukkan satu sama lain. 

Namun, jangan karena keasyikkan bermain lato-lato kamu sampai lupa tentang keamanan saat bermain. Di bawah ini adalah beberapa tips aman bermain lato-lato yang bisa kamu terapkan. 

Baca Juga: 10 Potret Rayyanza Cipung Main Lato-lato, Caranya Beda Sendiri!

1. Sejarah lato-lato

lato-lato (IDN Times/Bayu Aditya Suryanto)

Menurut sejarah, permainan lato-lato berasal dari Amerika Serikat. Dulunya, mainan bola yang menjadi alat utama ketika bermain ini terbuat dari kaca hingga kayu. Tidak sampai di situ, permainan ini juga disebut sebagai clackers, click clacks, knockers, ker-bangers, atau clankers. 

Kemudian, sekitar tahun 1990-an permainan lato-lato mulai muncul di Indonesia dan banyak dimainkan oleh anak-anak. Sempat redup, kini permainan lato-lato kembali dimainkan akibat viral di media sosial.

2. Cara bermain lato-lato

Rafathar jajan mainan di pinggir jalan. (youtube.com/Rans Entertainment)

Permainan lato-lato yang kembali viral ini bukan hanya menarik perhatian anak-anak, namun orang dewasa pun tertarik untuk memainkan lato-lato. Nah, meskipun terbilang pemula, kamu bisa belajar bermain lato-lato secara perlahan. Berikut ini adalah cara bermain lato-lato. Simak di bawah ini, ya!

1. Pastikan kedua bola berada di posisi yang seimbang

2. Jepit bagian tengah tali lato-lato di antara jari tengah. Kamu dapat menggunakan jari yang paling nyaman untuk menahan beban, seperti di antara jari telunjuk dan jari tengah

3. Setelah itu, pantulkan bola lato-lato dengan menggoyangkan tangan ke atas dan bawah. Awalnya lakukan secara perlahan lalu semakin lama semakin cepat

4. Goyangkan tangan hingga bola lato-lato berbenturan dan menimbulkan bunyi bertubi-tubi

5. Jika sudah mengetahui ritmenya, kamu bisa mencoba berbagai trik untuk menghasilkan pantulan dan bunyi lato-lato sesuai keinginan

Baca Juga: 9 Potret Rafathar Bermain Lato-lato, Bahagia Banget!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya