TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membangun Rasa Secure dalam Diri

Bye-bye insecurities! 

ilustrasi percaya diri (pexels.com/ThisIsEngineering)

Semua orang pasti pernah merasa insecure. Entah soal fisik, karier, status ekonomi, dan masih banyak lagi. Namun, insecurity yang dipelihara terus-menerus bisa membawa dampak buruk dalam hidupmu.

Salah satunya, perasaan negatif seperti minder dan tidak bahagia. Dalam relasi pun, perasaan insecurity yang berlebihan bisa memimpin pada over jealousy, sikap controlling, dan tidak mampu membangun kepercayaan yang sehat.

Untuk itu, perlu dibangun rasa secure dalam diri. Bagaimana caranya? Yuk, simak lima poin di bawah ini.

1. Mengenal diri sendiri lebih dalam 

ilustrasi wanita (pexels.com/Anna Shvets)

Salah satu alasan seseorang mudah merasa insecure karena dia belum mengenal dirinya secara utuh. Ia tidak tahu nilai dan keberhargaan dirinya sendiri. Sebagai dampak, ia tidak mampu membangun self-esteem yang sehat, dan mudah membandingkan hidupnya dengan orang lain.

Ketahuilah bahwa dirimu berharga. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin kamu tidak sepandai, sekaya, atau secantik temanmu, tapi ada banyak value dalam dirimu yang bisa digali. Ketimbang fokus pada hal-hal yang tidak kamu punya, yuk mulai kembangkan talentamu.

Baca Juga: 5 Tips untuk Merasionalkan Rasa Insecure, Jangan Sampai Melukaimu!

2. Berdamai dengan masa lalu 

ilustrasi merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak semua masa lalu baik. Ada beberapa memori yang mungkin secara tidak sadar masih mengikatmu sampai sekarang, masih membuatmu merasa sendiri, terkucil, dan tidak berharga. Satu-satunya cara untuk melepas perasaan ini ialah dengan berdamai dengan masa lalu.

Tidak mudah, memang. Kamu akan mengalami jatuh-bangun dengan waktu yang tidak sebentar. Namun proses ini akan menuntunmu menjadi pribadi yang lebih kuat dan berani. Sadari bahwa dirimu tidak didefinisikan oleh masa lalu atau perkataan orang tentangmu. Kamu berharga dan layak untuk bahagia.

3. Membangun kepercayaan diri mulai dari hal sederhana 

ilustrasi bercermin (pexels.com/John Diez)

Mulailah dengan afirmasi positif setiap pagi. Katakan pada dirimu, “aku bisa”, “aku berharga”, “aku pasti bisa membuat perubahan positif”. Hal-hal sesederhana kalimat positif bisa membangun kepercayaan dirimu.

Kurangi kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, ya. Perjalanan setiap orang berbeda, tidak adil bila kamu menuntut dirimu untuk seperti temanmu.

4. Mengembangkan kemampuan diri 

ilustrasi bekerja (pexels.com/Liza Summer)

Rasa kepercayaan diri bisa ditumbuhkan dengan selalu meningkatkan kemampuan diri. Tekuni hobimu, perluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca buku. Juga, belajar untuk menghadapi orang baru.

Percayalah, gak ada yang sia-sia. Meng-upgrade diri menandakan bahwa kamu menghargai diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Secure dan Diterima dengan Baik di Lingkungan Sekitar

Verified Writer

Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya