TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dikecewakan Seseorang? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Sedih Berkepanjangan

Dijamin rasa sedihmu gak akan bertahan lama...

Pixabay.com/thituzi

Berhenti menyalahkan diri kamu sendiri, mungkin kamu sudah berusaha memberikan yang terbaik dari dirimu tapi malah dikecewakan. Sedih sih wajar-wajar saja, sangat manusiawi malah, tapi kalau sedih yang berkepanjangan akan merugikan dirimu sendiri. Selain kesehatan kamu terganggu, aktivitas juga akan terhambat.

Nah, buat kamu yang sudah dikecewakan bahkan sampai kecewa yang sudah level paling parah pun, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut agar sedih kamu tidak terlalu berpengaruh untuk kehidupan kamu.

1. Bersedihlah, jika perlu menangis, silakan menangis!

Pixabay.com/MossaabDaoui

Kamu yang dikecewakan sebegitunya pasti merasa sedih bahkan sedih sekali, tidak perlu mendustai diri sendiri bahwa kamu orang yang kuat. Jika sedih silahkan bersedih, kalau memang perlu menangis, menangislah. 

Menangis tidak selamanya hal yang buruk, kok. Kamu tidak perlu terlihat tegar setelah dikecewakan, menangis bisa bermanfaat positif untuk diri kamu dan kesehatan, dengan mengeluarkan air mata yang diakibatkan karena stres dapat membantu menurunkan hormon stres yang dikenal sebagai kortisol, kamu juga akan semakin lega karena telah mengeluarkan semuanya dengan air mata.

Tapi setelah mencurahkan perasaan sakit hati kamu dengan air mata ini, kamu harus berjanji pada diri sendiri untuk tidak lagi melakukan hal yang sama, jangan sampai kamu di kecewakan lagi, dan jatuhnya air matamu pertanda selesai juga kesedihan kamu.

2. Menerima dan ingat bahwa semua manusia punya kisah hidupnya masing-masing

Pexels.com/Thnh Phng

Menerima hal yang menyakitkan itu memang bukan perkara mudah, kamu tidak perlu memaksakan keadaan untuk menerimanya, biarkan waktu yang menjawab semua, yang kamu perlukan hanya hati yang merelakan. Sakit memang menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan rencana kamu sendiri, tapi percayalah bukan hanya kamu saja yang menerima pahitnya kenyataan hidup ini, orang lain pun merasakannya. Yang bisa kamu lakukan hanya merelakan semua dan terima saja, bahwa ini merupakan membelajaran kehidupan.

3. Beri waktu untuk diri sendiri, pergi liburan atau menjelajahi suatu tempat.

Pixabay.com/Ertz

Dasar dari kebahagiaan adalah diri kita sendiri, kamu tidak akan bisa merasa bahagia kalau diri kamu juga tidak mau bahagia. Lakukan hal-hal yang bisa membuat kamu bahagia, pergi belanja atau bermain seharian, bahkan pergi traveling juga bisa kamu lakukan. Gunanya agar kamu bisa mendapatkan waktu untuk bersenang-senang, entah itu bersama teman-teman ataupun sendirian.

4. Carilah teman untuk bercerita

Pixabay.com/suju

Berbicara dengan seseorang dapat mengurangi stres dan meringankan beban, untuk itu sebaiknya jangan pernah memendam masalah atau emosi negatif sendirian. Ceritakan masalah yang menimpa kamu sekarang, minta solusi jika perlu, kalaupun kamu tidak membutuhkan solusi dari teman, setidaknya kamu merasa sedikit ringan dan mengurangi stres setelah curhat pada temanmu.

Verified Writer

Almond Butter

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya