TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Jangan Sampai Kamu Jadikan Acuan untuk Menilai Orang Lain

Jangan menilai dari medsosnya aja!

pexels.com/Keira Burton

Dalam berinteraksi dengan orang lain, tentu kita secara langsung ataupun gak akan melakukan penilaian dari sudut pandang kita terhadap setiap orang yang kita temui. Penilaian ini kita perlukan untuk menentukan sikap seperti apa yang dirasa pantas dan gak pantas untuk ditunjukkan pada orang tersebut. Serta bagaimana kita memperlakukan orang tersebut ke depannya.

Entah melalui cara bicaranya, pilihan kata yang dia gunakan, atau apapun itu, semuanya bisa membuat kita semakin mengenal orang tersebut. Namun, saat kita belum terlalu mengenal orang tersebut, ada lima hal utama yang jangan sampai kita jadikan acuan untuk menilainya nih. Karena, bisa-bisa kamu tergiring pada pemikiran yang salah dan berujung merugikan diri sendiri. Yuk simak lima poinnya berikut.

1. Kesan saat pertama berjumpa dengannya

pexels/Andrea Piacquadio

Pertama, jangan sampai kita menilai seseorang secara keseluruhan hanya dari kesan pertama saat berkenalan dengannya. Kita gak tau apa yang baru aja dialami orang tersebut hari itu saat berkenalan dengan kita. Bisa jadi sebelumnya dia mengalami hari yang buruk yang menyebabkan moodnya juga ikutan buruk. 

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Kamu Orang yang Setia atau Orang yang Suka Perubahan

2. Penampilan fisik dan luarnya aja

Pexels.com/freestock.org

Menilai seseorang tentunya juga gak boleh dari penampilan fisik dan luarnya aja. Belum tentu orang yang berpakaian compang camping adalah seorang pengemis, belum tentu pula mereka yang berpenampilan mengerikan adalah seorang preman, pun begitu pula belum tentu mereka yang terlihat rapi itu adalah orang baik. Karena, penampilan luar begitu mudah dimanipulasi sesuka hati.

3. Gosip yang beredar tentangnya

pexels/Keira Burton

Gosip yang beredar dari mulut ke mulut bisa jadi sangat jauh berbeda dengan fakta yang ada. Menilai seseorang hanya berdasarkan apa yang kamu dengar tentangnya merupakan sebuah tindakan yang jauh dari kata bijak. Kamu sendiri juga gak mau kan kalau orang lain menilai dirimu berdasarkan hal yang satu ini?

4. Unggahan di media sosialnya

pexels.com/Plann

Seperti juga penampilan fisik, postingan di media sosial adalah hal yang mudah untuk direkayasa. Berpura-pura kaya dengan mengunggah foto barang-barang branded atau nongkrong di tempat mahal sudah jadi kebiasaan banyak orang saat ini. Jadi, menilai hanya berdasarkan hal ini juga sama aja kayak membiarkan dirimu terlihat bodoh. 

Baca Juga: 5 Etika Wajib Ketika Kamu Didekati Orang, Ini Masalah Hati Lho!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya