TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Percakapan Sederhana Justru Lebih Bisa Memberi Makna

Lebih berkesan di hati!

unsplash.com/Gradikaa Aggi

Dalam berinteraksi dengan orang lain, tentu ada banyak macam percakapan yang bisa kita lakukan. Gak cuma tergantung pada keadaan yang sedang kita jalani, lawan bicara juga menjadi pengaruh terkait tema apa yang ingin kita bicarakan. Nah, yang paling umum biasanya adalah jenis percakapan sederhana yang ringan dan gak jarang mengundang tawa.

Meski sederhana dan selalu bisa melibatkan lawan bicara dari kalangan manapun, jenis percakapan satu ini ternyata justru lebih bisa memberi makna, lho. Kenapa? Begini penjelasannya.

1. Lebih berkesinambungan dengan hidupmu

unsplash/Brooke Cagle

Percakapan sederhana biasanya lebih bisa relate dengan kehidupan kita sehari-hari. Misal, ketika kita membicarakan kejadian lucu yang barusan terjadi, tentu lebih mudah bagi kita untuk membayangkannya tanpa perlu benar-benar melihat kejadian tersebut secara langsung. Ini yang menjadi poin utama dari sebuah percakapan sederhana.

2. Topik yang ringan justru lebih mudah untuk diingat

unsplash/Muhamad Iqbal Akbar

Tema pembicaraan yang ringan jelas lebih mudah diingat karena kita bisa memvisualisasikannya dalam benak kita. Selain itu, rasanya tentu gak ada beban ketika kita harus mengulang kembali pembicaraan kita tersebut dengan orang lain. Jadi, kesan yang tertinggal pun akan melekat lebih lama.

Baca Juga: 5 Hal yang Diinginkan Wanita dalam Obrolan, Pria Wajib Tahu

3. Selalu ada hikmah dan pembelajaran yang bisa diambil

unsplash/Tyler Nix

Siapa bilang percakapan sederhana itu gak ada gunanya? Justru, jenis interaksi satu ini akan meninggalkan sisa-sisa pelajaran dan hikmah yang bisa kita petik. Entah itu dari kesalahan diri sendiri, atau pun dari kejadian yang menimpa orang lain. 

4. Obrolan ringan biasanya berisi rangkaian cerita kehidupan yang benar-benar pernah dialami seseorang

unsplash/Priscilla Du Preez

Kisah nyata merupakan sesuatu yang jelas lebih menarik bagi siapa pun. Percakapan sederhana yang diiringi dengan rangkaian cerita berisi potongan kisah hidup orang lain akan membuat kita melihat sisi lain dari kehidupan yang selama ini kita jalani. Makanya, jenis percakapan ini selalu terasa penuh makna.

Baca Juga: 5 Topik Obrolan yang Bisa Membuatmu Berlama-Lama Ngobrol dengan Si Dia

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya