TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Paling Gampang agar Ikhlas dalam Membantu Orang Lain, Coba Yuk!

Jangan sampai salah niat!

unsplash/@evankirby2

Membantu orang lain dalam ajaran agama manapun pasti sangat dianjurkan. Selain bernilai pahala, membantu orang lain juga akan mendatangkan kebaikan bagi diri kita sendiri. Namun, banyak banget orang yang gak benar-benar tulus ikhlas saat membantu orang lain.

Terbukti, gak sedikit yang dengan mudahnya mengungkit kembali kebaikan yang pernah dia lakukan, baik ke orang yang bersangkutan, atau ke orang lain, atau bahkan di sosial media. Ujung-ujungnya, kita bukannya jadi orang yang baik, malah kesannya kita pamrih banget ya dalam menolong orang lain itu.

Jika kamu sering begini baik sengaja ataupun gak, ada baiknya untuk mengikuti lima langkah berikut nih. Agar kita semua bisa ikhlas dalam menolong orang lain. 

1. Menanamkan niat yang kuat

unsplash/Kelly Sikkema

Sebelum melakukan sesuatu, hal yang paling penting adalah niat kita. Jadi, menjaga niat untuk ikhlas ketika menolong orang lain, akan membuat kita terhindar dari rasa pamrih. Niat ini juga yang akan membuat kita terus ingat ketika ingin mengungkit kembali kebaikan tersebut di lain kesempatan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memaafkan Orang Lain, Ikhlas!

2. Menjadikan kegiatan menolong orang itu sebagai kebiasaan

unsplash/Zach Vessels

Cara kedua agar kita bisa terus ikhlas adalah dengan menjadikannya kebiasaan. Saat kita terbiasa menolong orang lain, kita akan mudah teralihkan dari keinginan untuk pamer. Akhirnya, kita pun gak lagi mengingat kebaikan tersebut dan terhindar dari rasa pamer.

3. Meyakini sepenuh hati bahwa bantuan atau pertolongan yang kita lakukan bukanlah apa-apa

pexels/Matthias Zomer

Meyakini bahwa pertolongan kita bukanlah sesuatu yang spesial dan luar biasa juga akan membuat kita merasa gak pantas untuk memamerkannya. Rasa ikhlas terkadang akan datang dengan cara yang sedikit berbeda. Gak masalah kok untuk mencoba cara yang satu ini. 

4. Seringlah menyadari kebaikan yang dilakukan orang lain pada kita

unsplash/Adria Crehuet Cano

Daripada sibuk memikirkan kebaikan yang kita lakukan, lebih baik ingatlah kebaikan yang dilakukan orang lain. Dengan begini, kita jadi lebih mudah merasa ikhlas. Terutama jika kita bisa melihat kebaikan orang lain itu dengan rasa terima kasih yang tulus.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakiti

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya