Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakiti

Kamu berani coba?

Dalam hidup ini kamu pasti tidak akan pernah terlepas dengan istilah makan hati. Baik disengaja ataupun tidak, hal tersebut sama-sama bikin membuat sedih karena cukup menyakitkan. Terkadang hal tersebut muncul ketika dirimu sedang disakiti orang lain.

Namun ingatlah bahwa apapun yang terjadi di dunia ini pasti ada hikmahnya. Hal itu tergantung bagaimana cara kamu menghadapinya. Keikhlasan meruoakan hal yang cukup penting untuk selalu dipraktikkan dalam hidup. Jika kamu tak percaya, simak pembahasan ini.

1. Hidup ini tak selamanya selalu berjalan sesuai ekspektasi

5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakitiunsplash.com/sabrina may

Semua orang pasti setuju bahwa hidup di dunia ini memiliki tingkat kesulitan yang tiap orang pasti berbeda. Terkadang kamu pasti pernah mengharapkan sebuah kehidupan yang mulus dan cukup layak, tetap pada realitanya sangat berbalik 360 derajat.

Kamu harus segera menyadari bahwa hidup di dunia ini tak semudah seperti di cerita dongen. Ada kalanya kamu harus tersakiti karena hal itu akan membuahkan pelajaran hidup. Cobalah untuk selalu ikhlas meskipun hati terasa sakit karena realita kehidupa pastilah sangat pahit.

2. Kamu harus ingat bahwa hukum timbal balik itu ada

5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakitiunsplash.com/priscilla whendy

Apapun yang dilakukan oleh orang lain terhadapmu, semuanya pasti akan terbalas dengan bobot yang setimpal. Janganlah kamu menyimpan rasa dendam meskipun telah disakiti bertubi-tubi karena hukum karma pasti berlaku.

Cobalah perlakukan dia dengan baik tanpa adanya ancaman. Percayalah sikap burukmu itu bisa saja menjadilan berkah untuk dirimu suatu saat nanti. Hadapi semuanya dengan senyuman serta perasaan yang selalu tulus untul ikhlas.

3. Aura positif pasti akan selau terpancar dalam dirimu

5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakitiunsplash.com/priscilla whendy

Ketika kamu memiliki sikap untuk selalu ikhlas meskipun dihadapkan oleh persoalan berat, dapat disimpulkan bahwa aura positif akan selalu terpancar dalam dirimu. Kamu pasti akan menyadari bahwa dendam tidak pernah membuahkan hasil.

Menebar kebahagiaan tidak ada efek negatifnya. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mengikhlaskan apapun yang telah terhadi meskipun kelihatannya sangat berat. Usahamu untuk selalu bersikap baik tidak akan pernah sia-sia, tetaplah konsisten melakukan kebaikan.

Baca Juga: [PUISI] Aku Ikhlas

4. Menuruti ego untuk membalas dendam itu tak ada gunanya

5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakitiunsplash.com/JC Bonassin

Seiring berjalannya waktu umurmu akan terus bertambah. Waktu akan semakin sempit jika kamu tak pernah memanfaatkannya dengan sesuatu hal yang memiliki dampak positif. Memelihara dendam karena menurui ego sangatlah tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Ingatlah bahwa keresahanmu saat ini kepadanya pasti tidak sebanding dengan kesuksesan yang menunggumu di depan sana. Jangan pernah membuang-buang waktu untul sesuatu hal yang tak pasti. 

5. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan

5 Alasan Kamu Harus Selalu Ikhlas Meskipun Sering Disakitiunsplash.com/artyom korshunov

Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika ada seseorang yang menyakitimu, cobalah untuk memaklumi dia karena mungkin hari buruk telah menimpanya.

Mencoba untuk selalu berpikir positif merupakan hal yang sangat sulit dijumpai karena mengendalikan ego tidaklah mudah. Meskipun cukup berat di awal, jika kamu tetap konsisten pasti akan membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.

Itulah kelima alasan mengapa kanu harus selalu ikhlas meskipun banyak disakiti. Hadapi semuanya dengan senyuman, jangan pernah memendam dendam ya!

Baca Juga: 5 Film Patah Hati yang Membuatmu Belajar Ikhlas dan Move On

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya