TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Memiliki Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari

Gak mau kalau sampai ketahuan?

ilustrasi kebiasaan buruk (Pexels.com/Dede Avez)

Berbagai kebiasaan yang kita lakukan memang seringkali tanpa sadar kita ulang terus menerus. Gak terkecuali sebuah kebiasaan buruk. Sayangnya, untuk urusan satu ini, lebih sering kita anggap wajar dan terus dilakukan tanpa peduli dampaknya. 

Saking seringnya diabaikan, kita jadi gak sadar bahwa itu adalah sebuah kebiasaan buruk. Buat kalian yang masih bingung apakah kebiasaan yang selama ini dilakukan termasuk baik atau buruk, ini nih lima cara mendeteksinya. 

1. Merasa bersalah setiap kali melakukan kebiasaan tersebut

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Ron Lach)

Jika kamu punya kebiasaan yang bikin kamu merasa bersalah setiap kali melakukannya, maka bisa jadi itu adalah kebiasaan buruk. Sebab, kita semua dibekali hati nurani yang sebenarnya bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. 

Hati nuranimu akan menuntun kamu untuk gak melakukan sesuatu yang gak baik. Jadi, dengarkan dan jangan diabaikan begitu saja, ya. 

Baca Juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!

2. Kamu juga seringkali melakukannya saat sendirian

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Yan Krukov)

Sebuah kebiasaan buruk biasanya cenderung untuk kita sembunyikan dari orang lain. Itulah sebabnya kita hanya melakukan kebiasaan tersebut saat sedang sendiri. Apa kamu punya kebiasaan yang lebih ingin disembunyikan begini? 

Jika iya, coba deh ditelaah lagi, jangan-jangan itu adalah sebuah kebiasaan buruk. Segera dicari cara untuk menghentikannya sebelum mendarah daging ya. 

3. Kamu gak mengizinkan siapa pun tahu soal kebiasaan itu

ilustrasi orang sedih (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Nah, tanda berikutnya dari sebuah kebiasaan buruk yang tanpa sadar dilakukan adalah ketika kamu gak mengizinkan siapa pun untuk mengetahui kebiasaan itu. Kamu selalu menyangkal jika ditanya dan lebih memilih untuk berbohong. Itu karena sebenarnya kamu malu jika ketahuan memiliki kebiasaan tersebut. 

Jika sampai orang lain tau kebiasaan itu, kamu akan merasa malu. Itulah sebabnya kamu menutupinya dari siapa pun. 

4. Jika ada yang menyinggung kebiasaan itu, kamu jadi sensitif

ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Alex Green)

Kamu juga jadi sangat sensitif ketika ada orang yang sedang membahas soal kebiasaan tersebut. Meski orang itu gak menyinggung dirimu sama sekali, entah kenapa kamu merasa sedang dipojokkan. Padahal, kamu yakin gak ada yang tau bahwa kamu punya kebiasaan yang satu itu. 

Ujung-ujungnya, kamu jadi gampang tersulut emosi ketika ada yang membicarakan soal kebiasaan tersebut. Terutama jika ada yang bilang bahwa itu adalah kebiasaan buruk. Rasa-rasanya, kamu langsung ingin membela diri dan mencari pembenaran. 

Baca Juga: 5 Cara Atasi Pola Lama yang Terus Berulang dan Jadi Kebiasaan Buruk

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya