Comscore Tracker

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!

Ubah kebiasaan buruk untuk kehidupan yang lebih baik

Setiap manusia mempunyai berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Beberapa orang berusaha untuk mengubah kebiasaan buruk agar tidak berdampak negatif bagi kehidupan mereka.  Jika kamu ingin mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang perlu diubah, simak ulasan ini, yuk!

1. Sulit untuk berkata 'tidak'

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seseorang berkata tidak. (pexels.com/SHVETS production)

Bagi orang yang tidak enakan, mengatakan "tidak" ketika seseorang meminta batuan akan terasa sangat sulit. Jika kamu mengatakan "iya" padahal kamu "tidak" mau melakukannya, maka hal ini akan memberikan dampak kepadamu.

Kamu akan mudah merasa kelelahan, stres, hingga berujung depresi. Oleh karena itu, kamu harus berani mengatakan "tidak" kepada hal yang tidak ingin kamu lakukan, ya. Kamu bisa tolak permintaan orang lain yang dirasa di luar kemampuanmu dengan sopan dan halus.

Misalnya, kamu bisa berkata "tidak" dengan permintaan maaf setelahnya. Jika kamu memiliki saran atau solusi, kamu bisa sampaikan secara sopan kepada orang yang meminta bantuan tersebut. 

2. Selalu menunda suatu pekerjaan

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seseorang sedang bersantai. (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang satu ini! Ya, kebiasaan buruk itu adalah menunda pekerjaan dengan alasan malas atau masih ada hari esok untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Wah, ini perlu diubah juga, lho. Sebab, menunda suatu pekerjaan akan membuat kamu tambah kepikiran.

Kamu bisa atasi kebiasaan buruk yang satu ini dengan mengetahui apa saja prioritas dalam kehidupan kamu. Meskipun dirasa tidak sempat, kamu tetap perlu lakukan jika memang bagian dari prioritas hidupmu. Dengan begitu, pekerjaan atau hal yang harus dikerjakan tersebut dapat diselesaikan lebih cepat tanpa perlu menunda-nunda.

3. Sering menyalahkan diri sendiri

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seseorang sedang merasa khawatir. (pexels.com/liza summer)

Seringkali kita merasa bersalah karena tidak melakukan hal tertentu. Tetapi, kebiasaan ini termasuk buruk, lho. Jika selalu merasa bersalah secara berlebihan, maka dapat menyebabkan berbagai macam hal, seperti menjadi penghambat langkahmu dan menurunkan rasa percaya dirimu.

Oleh karena itu, dibandingkan merasa bersalah secara berkelanjutan, kamu bisa perbaiki hal yang kemungkinan bisa diperbaiki. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kehidupan yang lebih positif lagi.

4. Gemar bergosip atau gibah

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seseorang sedang berbincang. (pexels.com/Tim Douglas)

Bergosip ria atau gibahin orang menjadi salah satu rutinitas yang cukup biasa saat bertemu teman. Biasanya isi gosip yang kamu bicarakan dengan teman kamu ini menjurus ke arah negatif. Sebab, kamu akan membicarakan keburukan orang lain.

Tetapi, meskipun terasa menyenangkan bagi beberapa orang, ternyata gosip bisa berdampak pada diri sendiri. Semakin kamu terbiasa bergosip atau gibah, maka kamu akan semakin merasa lelah dan merasa kotor.

Nah, daripada kamu hanya bergosip tentang orang lain, kamu bisa habiskan waktu dengan temanmu untuk membicarakan hal-hal yang lebih positif dan berfaedah. Misalnya, perbincangan seputar karier, bisnis, dan kehidupanmu sehari-hari.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk saat Iseng Buka Aplikasi Online Shop, Sering Kalap!

5. Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seseorang sedang berpikir. (pexels.com/Vanessa Garcia)

Ketika kamu berhasil mendapatkan suatu pencapaian terbaru dalam hidupmu, tidak jarang kamu ikut membandingkan diri dengan pencapaian orang lain. Jika kamu sering membandingkan diri dengan orang lain, maka kamu harus hentikan kebiasaan ini, yuk!

Kamu perlu ketahui, setiap orang melalui berbagai peristiwa, lingkungan, bahkan latar belakang yang berbeda. Jadi, pencapaian yang didapatkan pun akan berbeda setiap orangnya. Kamu tidak perlu berkecil hati mengenai pencapaian yang kamu dapatkan.

Kamu bisa fokus pada pencapaian yang lebih besar lagi serta fokus pada pengembangan pribadi untuk menjadi lebih baik bagi diri sendiri dan orang tersayang di sekitarmu.

6. Buka internet secara impulsif saat sedang bekerja

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seseorang sedang menggunakan komputer. (pexels.com/olia danilevich)

Fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Sebab, kamu membutuhkan beberapa menit untuk benar-benar fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tetapi, terkadang HP-mu bisa menjadi musuh terberat saat sedang fokus bekerja. Sekali kamu memeriksa HP saat sedang kerja, maka fokusmu akan terbagi dan menjadi lebih fokus bermain HP.

Pasti kamu akan mampir ke facebook, instagram, twitter, bahkan e-commerce. Hal ini akan mempersulit kamu untuk kembali fokus pada pekerjaanmu. Oleh karena itu, saat sedang bekerja, ada baiknya kamu jauhkan HP kamu dari jangkauanmu, agar tidak memeriksa HP secara impulsif.

7. Memeriksa HP saat sedang berbicara dengan orang lain

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi dua orang wanita sedang berbincang. (pexels.com/Charlotte May)

Siapa yang suka memeriksa HP saat sedang bertemu dengan kawanmu? Kebiasaan ini tergolong buruk juga, lho. Karena orang yang sedang berbicara akan menganggap kamu tidak peduli dan tidak mendengarkan omongan mereka.

Lawan bicaramu akan merasa kesal bila kamu terus melakukan hal ini. Maka dari itu, kamu perlu singkirkan HP-mu terlebih dahulu. Sehingga percakapan yang sedang dibicarakan akan terasa lebih menarik dan lebih menyenangkan.

8. Terlalu mandiri hingga sulit meminta bantuan orang lain

8 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan, Segera Diubah, yuk!Ilustrasi seorang wanita sedang angkat kerdus. (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menjadi seseorang yang mandiri dan melakukan berbagai hal sendirian merupakan sikap yang sangat baik. Dengan begitu, kamu tidak perlu bergantung pada orang lain. Namun, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan berdampak buruk pada diri sendiri.

Setiap orang pasti akan mengalami masa jenuh mereka dalam melakukan berbagai hal. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain bila kamu berada di titik terjenuhmu. Kamu bisa minta tolong kepada orang terpercaya.

Meminta tolong ke orang lain tidak membuat dirimu terlihat tidak becus, kok. Jadi, kamu perlu sayangi dan cintai dirimu sendiri, ya!

Mungkin kamu mulai tersadarkan akan kebiasaan buruk yang masih kamu lakukan hingga sekarang. Nah, kamu bisa mulai kurangi secara perlahan tetapi pasti, yuk. Dari berbagai kebiasaan buruk di atas, menurut kamu mana kebiasaan yang paling meresahkan?

Baca Juga: 5 Cara Atasi Pola Lama yang Terus Berulang dan Jadi Kebiasaan Buruk

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya