TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Sederhana Supaya Gak Telat Sahur Selama Ramadan

#RamadanMasaKini Yang penting niat dulu!

Pexels.com/pixabay

Bulan Ramadan pertanda kita harus mengubah beberapa jadwal, terutama soal jadwal tidur dan bangun. Karena, saat bulan Ramadan, kita disunnahkan untuk sahur terlebih dahulu sebelum berpuasa. Buat kamu yang biasanya tidur jam 11 malam, harus mulai bisa memulai tidur lebih awal nih. Karena, bangun sahur di jam 2 atau 3 dini hari akan lebih sulit jika kamu tidur terlalu larut.

Selain itu, ada trik-trik sederhana nih biar sahurmu gak kelewatan. Yuk, praktikkan.

1. Mindset dan niat yang kuat bahwa kamu akan bangun di jam sahur nanti

unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Kamu tahu gak sih kalau niat dan tekad yang kuat bisa banget merubah apapun apalagi kalau cuma soal jam bangun tidur. Tanamkan niat yang bersungguh-sungguh bahwa kamu akan bangun saat sahur nanti. Maka, bisa dipastikan bahwa kamu gak akan kesulitan untuk terjaga. Meskipun tanpa dibangunin siapa-siapa dan tanpa alarm.

Baca Juga: 5 Tempat Makan di Jakarta yang Buka 24 Jam, Bisa untuk Sahur

2. Atur alarm di smartphone

unsplash/NordWood Themes

Cara satu ini pasti dilakukan oleh banyak orang. Meski bagi sebagian orang, hal ini gak membantu, tapi bagi yang lain alarm memiliki peran yang cukup penting dalam membangunkan mereka sahur. Kamu bisa mengatur alarm dalam sekali bunyi, berulang kali, dan lainnya sesuai dengan kebiasaanmu aja. Karena setiap orang punya perbedaan dalam mengatur alarm ini.

3. Minta orang lain untuk membangunkan

unsplash/Claudio Pecci

Jika alarm ternyata tidak pernah berhasil untuk membangunkanmu, meminta bantuan orang lain juga bisa jadi solusinya. Baik secara langsung ataupun via telpon. Apalagi buat yang punya pasangan nih pasti lebih seru dong kalau bangun sahurnya dibangunin si dia.

4. Persiapkan makanan kesukaan untuk sahur nanti biar bangunnya semangat

unsplash/Herson Rodriguez

Makanan menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam membuat seseorang memutuskan untuk sahur atau gak. Mempersiapkan menu spesial untuk sahur sebelum tidur juga bisa kamu lakukan demi semangat sahurnya nih, guys. Menu apa aja yang kamu suka, bisa kamu tambahkan dalam list biar keinginan untuk melewatkan sahur jadi sirna.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya