TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Doa Ujian Sekolah, Jadi Lebih Tenang dan Meningkatkan Peluang Lulus!

Jangan lupa dibarengi dengan ikhtiar dan belajar ya, guys!

ilustrasi mengerjakan ujian dengan fokus (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ujian sekolah kerap menjadi hal menakutkan yang menghantui para pelajar. Ini karena momen tersebut dibilang penting untuk masa depan dan gak sedikit yang kesulitan hingga gagal dalam ujian.

Meski demikian, kamu gak usah khawatir karena IDN Times sudah merangkum sejumlah doa untuk ujian sekolah yang bisa membuatmu lebih tenang ketika menghadapinya. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan memiliki peluang lulus yang lebih besar. Yuk, langsung simak deretan doanya!

1. Doa ini bisa kamu baca sebelum ujian, nih. Biar gak deg-degan!

Ilustrasi mengerjakan ujian sekolah (unsplash.com/@anniespratt)

Rabbisyrabli shadri wayassyirli amrl wahlul uqdatam mil-lisani yafwahu qauli

Artinya: "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kelakuan lidahku agar mereka mengerti perkataanku."

2. Bacaan doa untuk ujian sekolah ini ditujukan untuk meminta kemudahan kepada Allah SWT.

Ilustrasi berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Rabbanaa aatinaa mil ladunka rahmataw wa hayyi-lanaa min amrinaa rasyadaa

Artinya: "Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami di sisi-Mu suatu rahmat dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjuk-Mu."

3. Membaca doa ini juga bisa memberi kamu petunjuk dan kemudahan.

ilustrasi mengisi jawaban pada lembar ujian (unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu)

Allahumma inii as’aluka rahmatan min ‘indika tuhdii bihaa qalbii, wa tajma’u bihaa syamlii wa turaddu bihal fitana ‘anni watushlihu bihaa diini wa tahfadzu bihaa ghaa’ibii wa ‘amalii, watubayyidhu bihaa wajhii watulhimuni bihaa rusydii, wata’shimunii bihaa min kulli suu’in

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, curahkanlah rahmat dari sisi-Mu, yang dengannya hati mendapat petunjuk, terkumpul segala yang bercerai-berai dan terhimpun segala yang terpisah-pisah, tertolak segala fitnah atas diriku dan bertambah baik urusan agamaku, terpelihara segala sesuatu yang jauh dariku dan terangkat segala yang dekat denganku, disucikan segala perbuatanku dan dicerahkan wajahku, diberi ilham menuju petunjuk dan terpelihara diriku dari segala sesuatu yang jelek."

4. Doa agar ujian berjalan lancar. Baca sebelum mengerjakan soal!

ilustrasi mengerjakan ujian (Pexels.com/Jeswin Thomas)

Gak cuma belajar dengan sungguh-sungguh, berdoa juga bisa membantu kamu dalam mengerjakan setiap soal ujian dengan benar. Untuk itu, coba lafalkan doa berikut:

Allahumma innistauda’tuka jami’ama qoro’tuhu fardudhu illayya ‘inda hajati ilaihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba menitipkan semua apa pelajaran yang telah hamba baca dan mohon kembalikan kepada hamba, pada saat hamba membutuhkannya.”

Baca Juga: 25 Kata-kata Semangat Ujian Sekolah buat Pacar, Memotivasi!

5. Soal sulit akan terasa lebih mudah jika kamu tenang dan membaca doa ini

ilustrasi memakai pakaian yang sopan saat ujian (pexels.com/Andy Barbour)

Ketika mengerjakan soal ujian, kamu mungkin akan menjumpai beberapa soal yang dirasa sulit. Untuk memudahkanmu dalam mengerjakannya, coba amalkan doa berikut:

Allahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan, wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlaa

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan selain telah Engkau jadikan mudah, dan jika Engkau kehendaki dapat menjadikan kesedihan itu menjadi kemudahan.”

6. Kesulitan dalam mengerjakan soal? Coba lebih fokus sambil melafalkan doa di bawah

ilustrasi peserta ujian yang ingin melihat jawaban peserta lain (pexels.com/Yan Krukau)

Salah satu kunci untuk mengerjakan soal ujian dengan benar adalah dengan memahami soal yang diberikan. Namun, jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami soal ujian tersebut, bacalah doa ini:

Allahmumma rahmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii tharfata ‘ainii wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illaa anta

Artinya:  “Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan. Karena itu, janganlah Engkau biarkan aku mengikuti hawa nafsuku walaupun sekejap mata, perbaikilah keadaanku semuanya. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya