TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Waste

Boleh dicoba nih!

instagram.com/trashisfortossers

Selain gaya hidup minimalisme, salah satu gaya hidup yang jadi tren belakangan ini adalah zero waste. Zero waste merupakan komitmen untuk tidak terlalu banyak memproduksi sampah, apalagi sampah yang susah terurai seperti plastik. Biasanya orang memulainya dengan menggunakan wadah yang bisa dipakai ulang untuk belanja atau mewadahi suatu produk yang digunakan sehari-hari. 

Tertarik untuk memulainya, coba pantengin enam akun Instagram berikut deh. Kontennya menggugah orang untuk berhijrah jadi zero waste hero. 

1. Litterless

instagram.com/litterless

Dikelola oleh Celia Ristow yang selalu menampilkan gambar dan informasi yang benar-benar menarik dan menggugah siapapun yang membaca kontennya. Tak hanya tips belanja dan konsumsi makanan saja, ia bahkan memberikan beberapa konten menarik untuk mengurangi sampah saat harus memberikan kado atau hadiah ke orang lain. 

2. Intentionalism

instagram.com/intentionalism

Dikelola oleh Heather White, akun ini tak hanya mengajarkan bagaimana caranya mengurangi sampah. Ia bahkan memberikan tips dan cara mudah untuk bisa menanam bahan makanan sendiri untuk konsumsi pribadi. Seru juga nih, bisa diniatkan saat akhir pekan tiba. 

Baca Juga: Ramah Lingkungan, 5 Merek Makeup Zero Waste Ini Paling Recommended

3. Going Zero Waste

instagram.com/going.zero.waste

Kebanyakan feed yang diunggah Kathryn Kellog dalam Going Zero Waste adalah tips-tips belanja ramah lingkungan yang bisa dicoba sehari-hari. Ia bahkan sudah tak lagi menggunakan reusable container dan mengganti wadah-wadahnya dengan blacu dan kanvas yang jauh lebih ramah lingkungan. 

Tentunya, wadah-wadah berbahan kain itu ia dapatkan dari bekas-bekas wadah makanan yang masih layak pakai dan bisa dicuci bersih setelah dipakai. 

4. Wasteland Rebel

instagram.com/_wastelandrebel_

Salah satu sumber limbah plastik yang tidak kita sadari adalah peralatan mandi. Mulai dari bungkus sabun, wadah shampoo, sikat gigi, juga kemasan pasta gigi. Nah, lewat akun Wasteland Rebel, Shia Su mencoba memperkenalkan produk peralatan mandi yang ramah lingkungan juga tips membuat pasta gigi sendiri serta sabun mandi sendiri. 

5. Be Zero Waste Girl

instagram.com/bezerowastegirl

Akun milik Andrea Sanders ini berusaha mengampanyekan upaya mengurangi sampah plastik bahkan kertas jika memungkinkan. Salah satu kampanyenya yang menarik adalah penggunaan reusable tissue. Sebagai informasi, tissue dan kertas memang sampah yang mudah diurai tetapi punya dampak deforestasi dan emisi. 

Baca Juga: 5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste 

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya