Comscore Tracker

5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste 

Sedikit repot tapi artinya kalian siap mengubah dunia!

Di era milenial ini, gaya hidup minim sampah semakin menjadi tren. Bukan hanya karena menjadi semakin marak, tapi kesadaran akan sampah juga semakin meluas. Informasi mengenai efek buruk sampah plastik menjadi mudah diakses. Pernah lihat video kura-kura yang hidungnya kemasukan sedotan, kan? Itu hanya sebuah contoh dampak dari banyaknya pemakaian sedotan plastik. Mengerikan! Ayo, mulai bawa barang-barang berikut ini dalam tasmu.

1. Sendok, garpu, dan sedotan

5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste Pexels.com/Daria Shevtsova

Sekarang banyak dijual sendok, garpu dan sumpit non-plastik atau tidak sekali pakai. Offline maupun online. Bahannya pun semakin bervariasi. Ada yang terbuat dari kayu, besi anti karat (stainless steel), dan melamin. Kamu bisa pilih yang kamu suka.

Sedotanpun demikian. Bahkan sekarang ada sedotan yang bisa dilipat! Oya, jangan lupa beli pembersih/ sikat sedotan ya! 

2. Tempat makan

5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste pixabay.com/jyleen21

Ada banyak macam tempat makan, pilihlah yang kamu suka. Jika makanan yang kamu beli dibawa pulang, beri tempat makan ini ke penjualnya dan katakan "go green, pak." Sebarkan virus cinta bumi!

3. Sapu tangan

5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste pexels.com/Bekir Dönmez

Mulailah cari pengganti tissuemu. Sapu tangan mungkin sudah jarang dijual atau ditemui di toko-toko ya. Pakai saja kemeja bekas ayahmu yang sudah tak terpakai, lalu gunting-gunting seukuran yang kamu suka. Bawa selalu dalam tasmu!

Baca Juga: Ramah Lingkungan, 5 Merek Makeup Zero Waste Ini Paling Recommended

4. Gelas tumbler

5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste pexels.com/Lisa Fotios

Minuman kekinian semakin marak saja ya. Hm, kamu bisa bawa sendiri gelas tumblermu, Pasti banyak yang melihat ya. Di situ kamu hebat karena sudah menjadi contoh Zero Waste.

5. Tas belanja

5 Benda yang Wajib Ada di Dalam Tas Seorang Penganut Zero Waste pexels.com/Lina Kivaka

Tas belanja untuk kami pakai waktu kamu hanya beli makanan ringan dan roti di mini market. Pakai tas yang berbahan ringan dan bisa dilipat ya, agar bisa selalu kamu bawa dalam tas pergimu.

Selamat menikmati makanan dan minumanmu. Dan bersiaplah menjadi contoh bagi yang lain untuk meniru gaya hidup Zero Wastemu. Be proud of yourself!

Baca Juga: Zero Waste Lifestyle Alias Gaya Hidup tanpa Sampah, Berani Coba?

Arnida Santi Kusumo Photo Community Writer Arnida Santi Kusumo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You