TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit Bersyukur

Yuk segera tinggalkan!

Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Banyak orang mengatakan bahwa syukur adalah kunci penting dalam meraih kebahagiaan. Tanpanya, orang akan merasa sulit bahagia, mudah iri, dan selalu kekurangan. Nah, jika saat ini kamu merasakan hal-hal tersebut, bisa jadi masalahnya adalah karena kamu kurang atau sulit bersyukur. Lantas faktor apa saja yang membuat kamu sulit bersyukur? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menetapkan ekspektasi yang terlalu tinggi

unsplash.com/Sebastian Herrmann

Ekspektasi atau harapan memang bisa jadi motivasi untuk terus berusaha memiliki kehidupan yang lebih baik. Tapi sayangnya, harapan yang tidak realistis juga menjadi alasan mengapa begitu banyak orang kaya dan sukses justru merasa hidupnya menderita.

2. Membandingkan diri dengan orang lain

unsplash.com/Ladislav Bona

Sejatinya, kamu punya kehidupan yang baik-baik saja. Sampai akhirnya kamu suka melihat apa yang dimiliki orang lain dan membandingkannya dengan dirimu sendiri. Hal ini memicu rasa cemburu, iri hati, keserakahan, dan ambisi yang negatif.

Baca Juga: 5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh Motivasi

3. Selalu menuruti apa saja yang menjadi keinginanmu

Unsplash.com/Kira auf der heide

Secara alami manusia memang memiliki sifat tidak puas dan selalu ingin lebih. Tapi, jika kamu terbiasa menuruti keinginanmu, bukan tidak mungkin kamu jadi makin sulit menahan diri untuk tidak membeli dan memiliki apa-apa yang kamu inginkan. Lama-kelamaan hal ini tentunya bikin kamu tidak bisa mensyukuri apa saja yang sudah kamu miliki.

4. Sikap konsumtif dan materialistis

Unsplash.com/Melanie Pongratz

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, orang yang materialistis memiliki kecenderungan mudah iri dan kurang bersyukur daripada orang yang tidak terlalu materialistis. Para peneliti dalam studi ini menyimpulkan bahwa orang-orang dengan kecenderungan materialistis memiliki kepuasan hidup yang lebih rendah lantaran mereka sulit bersyukur.

Baca Juga: 5 Motivasi buat Kamu yang Gap Tahun Kuliah agar Tetap Semangat!

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya