TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pentingnya Kenali Manfaat, Cara Kerja, dan Fungsi dari Kartu Kredit

Biar kamu bisa menggunakannya secara bijak

Pexels/energepic.com

FYI nih guys, kartu kredit berbentuk fisik atau kartu kredit online adalah sebuah alat pembayaran yang memungkinkan kamu untuk membeli barang atau jasa sebelum kamu membayarnya. Ini berarti kamu bisa membeli sesuatu sekarang dan membayarnya nanti, biasanya dalam waktu sekitar 30 hari.

Kartu kredit sendiri diterbitkan oleh perusahaan kartu kredit, seperti Visa, Mastercard, atau American Express, yang bekerja sama dengan bank atau institusi keuangan lainnya untuk menawarkan kartu kredit kepada pelanggan. 

Namun, kartu kredit juga dapat menyebabkan masalah keuangan jika tidak digunakan dengan bijak. Maka dari itu, penting untuk memantau aktivitas kartu kredit kamu secara teratur dan menjaga agar saldo kamu tidak terlalu tinggi. 

Kartu kredit pun akan sangat berguna dalam situasi seperti ketika kamu perlu membeli sesuatu yang tidak dapat dibayar cash, seperti biaya perjalanan atau perbaikan rumah. Apa saja manfaatnya? Yuk cek di bawah ya!

Baca Juga: Batas Atas: Pengertian dan Fungsinya dalam Kartu Kredit

1. Sebagai metode pembayaran cashless

tribunnews.com

Salah satu bank terbesar di Indonesia, yaitu Bank Mega, menawarkan berbagai jenis kartu kredit yang dapat digunakan oleh pelanggannya. Fungsi utama kartu kredit Bank Mega adalah sebagai alat pembayaran yang memungkinkan kamu untuk membeli barang atau jasa.

Ini sangat berguna dalam situasi seperti ketika Anda perlu membeli sesuatu yang tidak dapat kamu bayar cash, seperti biaya perjalanan atau perbaikan rumah.

Baik kartu kredit berbentuk fisik maupun kartu kredit online dari Bank Mega juga dapat digunakan untuk pembayaran berbagai macam keperluan. Beberapa di antaranya seperti pembayaran tagihan listrik, telepon, internet, atau pembayaran tiket pesawat dan kereta api.

2. Manfaat cashback dan reward

Pexels/Andrea Piacquadio

Bank Mega memberikan program cashback yang dapat digunakan oleh pelanggan kartu kreditnya. Program ini memberikan cashback atas setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit Bank Mega. Cashback ini dapat digunakan untuk pembayaran tagihan atau digunakan sebagai uang tunai.

Selain itu, Bank Mega juga memberikan program reward yang dapat digunakan oleh pelanggan kartu kreditnya. Program ini memberikan poin reward atas setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit Bank Mega. Poin reward dapat ditukar dengan hadiah atau dibelanjakan kembali.

3. Keamanan terjamin dan membangun track record (BI Checking)

Freepik

Kartu kredit memiliki sistem proteksi yang cukup baik, jika suatu waktu kamu mendapati transaksi yang mencurigakan pada kartu kredit kamu, kamu bisa melaporkannya ke pihak bank penerbit, maka pihak penerbit akan menahan transaksi tersebut dan melakukan validasi. Dengan demikian, kamu terbebas dari risiko kejahatan dalam penyalahgunaan kartu kredit.

Dengan membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan tanggal jatuh tempo, kamu bisa membangun track record (BI Checking) dengan baik sehingga kamu dapat mengajukan kepemilikan kartu kredit lainnya dari penerbit yang berbeda. Selain itu, menjaga history track record juga penting karena akan mempengaruhi berbagai aktivitas finansial lainnya, seperti pengajuan KPR, pinjaman, dan lainnya

Baca Juga: 3 Pengaruh Kartu Kredit dan Pay Later pada Kredit Skor Pribadi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya