TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Biar Kesibukan Gak Berdampak Buruk pada Kesehatan

Atur waktunya, biar tetap bisa berolahraga

ilustrasi orang sibuk bekerja (pexels.com/Thirdman)

Sering kali seseorang yang mulai terjebak pada rutinitas padat mengabaikan kesehatannya. Padahal, kesehatan menjadi salah satu faktor penunjang kegiatan. Produktivitas bisa meningkat, fokus pikiran terjaga, dan suasana hati juga tenang, apabila kesehatannya prima. Maka, biar performa kerja gak menurun, berikut beberapa cara supaya kesibukan kamu gak berdampak buruk pada kesehatan, baik fisik, mental, dan finansialnya.

Baca Juga: 5 Kiat Mengelola Pikiran Tetap Tenang di Tengah Padatnya Kesibukan

1. Jangan selalu membawa pekerjaan ke rumah

ilustrasi orang bekerja hingga larut malam (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Cobalah buat jadwal harian yang jelas, mulai dari pagi sampai malam. Bangun lebih awal untuk menyiapkan kegiatan yang akan dijalankan. Fokuskan pikiran ketika sudah mulai bekerja.

Disiplin terhadap waktu di setiap tahapannya. Milikilah prioritas yang jelas. Selesaikan tugas satu per satu sampai tuntas. Sehingga, kamu gak selalu membawa pekerjaan ke rumah, yang mana itu adalah waktumu untuk beristirahat mengisi energi kembali. Kurangi lembur, bekerjalah secara teratur.

2. Hilangkan kebiasaan menunda yang bikin kamu malas nantinya

ilustrasi orang stres akibat menunda pekerjaan (pexels.com/energepic.com)

Apa pun alasannya, jika gak mendesak, sebaiknya selesaikan dulu pekerjaan. Hilangkan segala jenis distraksi di ruang kerjamu supaya gak mengganggu niat dan tekadmu dalam bekerja. Jangan terbiasa menunda-nunda, karena bikin kamu semakin malas nantinya.

Jika terbiasa begitu, jelas saja pekerjaan gak selesai tepat pada waktunya. Akhirnya, terpaksa menggunakan jam istirahat untuk bekerja, hingga sering melewatkan jam makan siang.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Memanjakan Diri dengan Shopping, Jangan Dibiasakan!

3. Tetap punya waktu berolahraga

ilustrasi berolahraga (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Olahraga adalah kegiatan fisik yang menyehatkan, sempatkanlah melakukannya setiap hari. Jika sangat sibuk, lakukan saja olahraga ringan selama lima sampai sepuluh menit cukup.

Pilih olahraga yang kamu sukai, supaya bisa konsisten untuk terus melakukannya. Selain sehat fisik, mental juga baik. Sehingga, kamu bisa semakin produktif. Sibukmu benar-benar menghasilkan sesuatu yang positif, baik untuk pribadi, pekerjaan, hingga aspek hidup lainnya akan terpenuhi juga.

4. Atur waktu seefisien mungkin

ilustrasi menyelesaikan pekerjaan tepat waktu (pexels.com/Yan Krukov)

Pengaturan waktu yang baik merupakan kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang, apalagi bagi kamu yang punya kegiatan banyak dan tugas kerja yang berhubungan erat dengan batas waktu.

Aturlah waktu seefisien mungkin, kurangi melakukan hal-hal yang gak penting. Misalnya, bermain media sosial terlalu lama, bergosip bersama rekan kerja, nongkrong hingga larut malam, dan lainnya. Jika kamu gak punya pengelolaan waktu yang baik, akan stres sendiri dengan keadaan ini. Sehingga, kesehatan pun terus menurun.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Sikap Serakah Tanggung Jawab, Gak Fokus

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya