TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Upaya Meningkatkan Percaya Diri dalam Kehidupan

Kepercayaan diri yang baik, membuatmu semakin unik

ilustrasi percaya diri menjadi diri sendiri (pexels.com/William Fortunato)

Rasa percaya diri perlu dimiliki oleh setiap orang. Hal ini dapat memberikan banyak manfaat untukmu, baik terhadap kepribadian hingga faktor luar dirimu. Namun, berbagai hal yang terjadi kerap menyebabkan penurunan kepercayaan diri.

Sehingga, kemunduran akan berbagai hal pun terjadi. Maka, diperlukan upaya untuk menjaga, bahkan meningkatkan rasa percaya dirimu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut lima upayanya.

1. Selalu mencintai diri sendiri

ilustrasi mencintai diri sendiri (pexels.com/MART PRODUCTION)

Satu hal yang pasti ketika kamu sedang berupaya meningkatkan kepercayaan diri adalah adanya rasa cinta kepada diri. Berikan cinta dengan sepenuh hati kepada dirimu. Jangan tunda atau malas melakukannya, karena ini menjadi awal melangkah untukmu bisa mendapatkan tingkatan rasa percaya diri yang baik, stabil, hingga terus naik.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Stop Anggap Diri Tak Berharga

2. Asah terus kelebihan yang kamu miliki

ilustrasi berlatih keterampilan berbicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu pasti punya kelebihan, kan? Entah dalam hal berkomunikasi, kedisiplinan, hingga keterampilan lainnya. Asah terus apa yang menjadi kelebihanmu itu. Inilah yang akan menambah rasa percaya dirimu, ketika sedang berjuang meraih sesuatu. Sehingga, segala proses kehidupan dapat dijalani dengan begitu menyenangkan.

3. Fokus saja pada apa yang mampu dikendalikan

ilustrasi fokus dalam berpikir (pexels.com/emre keshavarz)

Menaruh fokus pada hal-hal yang sulit dikendalikan, hanya akan membuang waktu dan tenagamu. Selain itu, potensi berhasilnya pun kecil. Sehingga, ketika terjadi kegagalan yang terus berkelanjutan, kepercayaan dirimu bisa semakin menurun.

Oleh karena itu, fokus saja pada sesuatu yang ada dalam kendalimu. Ini lebih sehat dan gak akan menyiksamu. Dengan begitu, langkahmu juga akan semakin maju ke tujuan yang kamu tentukan.

4. Belajar cuek terhadap komentar yang menjatuhkan

ilustrasi orang bersikap cuek (pexels.com/cottonbro)

Ingin semakin percaya diri dalam menjalani hari? Belajarlah cuek terhadap komentar orang lain yang menjatuhkanmu. Sikap cuekmu tergolong tindakan yang baik dan perlu dilakukan, karena sebagai upaya menjaga kestabilan kepercayaan dirimu.

Dalam kehidupan ini ada yang pro dan kontra. Ada yang suka kamu, ada juga yang gak. Jadi, pandai dan bijaksana saja dalam menyaring informasi yang perlu didengar, demi kesehatan mental dan rasa percaya dirimu.

Baca Juga: 4 Tips Meningkatkan Keberanian, Jadikan Kamu Semakin Percaya Diri

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya