TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jebakan yang Sering Muncul saat Berusaha Menjadi yang Terbaik

Jebakan-jebakan halus yang tidak mudah untuk disadari

pexels.com/Andrea Piacquadio

Menjadi yang terbaik adalah impian dari banyak orang. Misalnya ingin menjadi yang terbaik dalam hal karier, pendidikan, kesuksesan dan lain sebagainya. Namun, apakah menjadi yang terbaik itu sungguh mudah dan tanpa halangan? 

Tentunya tidak selalu mudah, sebab menjadi yang terbaik butuh usaha dan perjuangan yang lebih banyak dari orang pada umumnya. Oleh karena itu dalam proses menuju yang terbaik, ada saja jebakan-jebakan yang sekiranya perlu diwaspadai. Apa saja? Yuk, langsung kita simak!

1. Ingin berusaha menjadi terbaik dengan cara-cara yang tidak baik

unsplash.com/Andrew Neel

Dalam perjuangan dan usaha menjadi yang terbaik, pastilah dibutuhkan berbagai cara atau langkah yang bisa mendekatkan diri pada tujuan yang ingin dicapai. Namun, apakah cara -cara yang ditempuh merupakan cara yang baik dan tepat?

Nah, hal inilah yang sering menjadi godaan sekaligus jebakan yang terjadi saat berusaha menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, sangat perlu berhati-hati dengan cara yang ditempuh agar tidak sampai merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Tipe Orang yang Terlalu Cepat Menilai Orang Lain, Waspada!

2. Berharap untuk bisa menyenangkan semua orang dengan berusaha menjadi yang terbaik

pexels.com/Andrea Piacquadio

Sadari bahwa berharap untuk menyenangkan semua orang adalah hal yang sia-sia dan membuang waktu. Kita tidak memiliki kendali untuk membuat orang lain selalu menyukai dan menghargai hal-hal yang telah kita usahakan dengan penuh perjuangan.

Oleh karena itu, lebih baik fokuskan hati dan pikiranmu untuk melakukan yang terbaik bagi diri sendiri dan orang-orang yang selama ini telah mengasihimu dengan tulus. Bukankah hal ini lebih baik dan bermakna daripada terus terjebak dengan keinginan untuk menyenangkan semua orang?

3. Terjebak dengan pola pikir yang sama namun mengharapkan perubahan yang maksimal

pexels.com/Andrea Piacquadio

Pola pikir yang selama ini kamu pegang, tentu punya peranan yang sangat penting sebagai pendorongmu dalam bertindak. Jika kamu menginginkan perubahan yang maksimal dalam hidupmu maka sebaiknya mulai dari membenahi pola pikir sendiri.

Pola pikir yang sama berpotensi besar untuk menghasilkan akibat yang sama. Dengan demikian, membenahi pola pikir sendiri menjadi pola pikir yang baru memang sangat penting ya. Tentunya pola pikir yang baru haruslah pola pikir yang positif dan bermanfaat.

4. Terlalu memaksakan diri untuk menjadi yang terbaik, padahal butuh proses yang perlu dilalui

pexels.com/Tess Emily

Siapa sih yang tak ingin menjadi yang terbaik dalam waktu yang singkat? Namun pada kenyataannya, orang-orang yang terbaik di bidangnya kebanyakan selalu melalui proses penting yang memerlukan waktu.

Meski demikian, proses penting yang mereka lalui akhirnya memberikan pelajaran penting yang bermanfaat. Oleh karena itu, jangan terlalu memaksakan diri saat berusaha menjadi yang terbaik. Berusahalah semampumu dan nikmati proses penting tersebut dengan penuh kesabaran, ya!

Baca Juga: 5 Sisi Positif dari Pribadi yang Mau Bergaul dengan Semua Orang

Verified Writer

Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya