TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kamu Tak Perlu Membuat Standar Atas Orang Lain Terhadapmu

Mendingan bikin standar buat diri sendiri, betul?

Unsplash/Etienne Boulanger

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, kamu pasti punya harapan orang tersebut akan selalu berbuat baik. Sayangnya, seringkali kamu akhirnya justru merasa kecewa karena kebaikan itu gak sesuai dengan apa yang kamu pikirkan. Secara gak sadar, sebenarnya kamu sedang membuat standar tentang orang lain — yakni bagaimana menurutmu seharusnya mereka berperilaku. Ya, menurutmu aja.

Padahal kalau dipikir-pikir, sebenarnya kita gak semestinya lho bikin standar tentang perilaku orang lain. Ya, lingkungan sosial tentu punya norma yang berlaku, tapi itu tidak melulu mengatur soal perilaku seseorang. Ini, lho alasan kenapa kamu gak seharusnya mematok standar atas orang lain terhadapmu.

1. Kamu gak menjalani hidup mereka, jadi kamu gak tahu pasti keadaan dirinya

Unsplash/ Kevin Lee

Setiap manusia pasti punya jalan hidupnya sendiri, punya masalah masing-masing. Mungkin saja temanmu ada yang bersikap sangat cuek terhadapmu karena ia punya masalah di rumahnya. Atau misalnya ada seseorang yang mendekatimu tapi penampilannya gak sesuai bayanganmu, mungkin saja memang itu gayanya dia.

Kalau kamu memasang standar kepadanya, berarti kamu udah mengatur hidupnya — udah sangat ikut campur hingga bisa jadi menyebabkannya kehilangan jati diri. Dan hal ini tidak sepatutnya kamu lakukan.

2. Itu artinya kamu berharap pada mereka dan hal tersebut bakal membuatmu kecewa

Unsplash/Nick Karvounis

Berharap pada orang lain itu bisa bikin hati sangat gondok, lho. Kamu pasti pernah mengalaminya, kan? Ya, seperti itulah nanti akibatnya jika kamu terus-terusan bikin standar perilaku orang lain terhadapmu. Ini karena perilaku orang lain merupakan hal yang berada di luar kendalimu.

Kamu perlu paham, dalam hidup ini ada hal yang memang cuma kamu yang bisa mengendalikannya dan ada yang gak bisa kamu kendalikan. Perilaku orang lain adalah yang kedua, kamu gak bisa memaksa perilaku orang lain sesuai dengan standarmu karena setiap dari mereka punya kriteria sendiri. Dunia ini isinya bukan cuma kamu, jadi gak semestinya semua hal sama dengan apa yang kamu pikirkan.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Memiliki Kehidupan Sosial yang Sehat

3. Percayalah, bikin standar buat orang lain malah membuatmu capek sendiri

Unsplash/AJ Garcia

Tentu saja kamu akan susah sendiri karena kamu terlalu fokus pada hal yang berada di luar kendalimu. Apa kamu tidak capek menanti segala hal dan orang lain sampai berperilaku sesuai dengan standarmu? Percayalah, hal itu gak mungkin terjadi.

Kamu akan kerepotan membuat mereka akhirnya berperilaku sesuai inginmu, soalnya itu memang bukan hakmu. Yang kamu hadapi adalah manusia yang punya akal dan idealisme sendiri. Itu yang harus kamu hargai. Coba, deh pikirkan lagi, jika kamu gak memaksakan kehendak bagaimana mereka harus berperilaku terhadapmu dan membiarkan mereka menjadi dirinya sendiri, kamu pasti akan lebih tenang, kan?

4. Dalam hidup ini, sebenarnya kita selalu sendirian

Unsplash/Noah Silliman

Kamu lahir di dunia ini sendirian, kemudian menentukan jalan hidupmu sendiri, memutuskan solusi atas masalah sendiri, hingga akhirnya nanti mati pun sendirian. Orang lain yang hadir dalam hidupmu adalah penguat biar kamu tetap tegak berdiri saat menjalani hidup. Jadi, sebenarnya yang bertanggung jawab atas hidupmu ya kamu sendiri.

Maka, kehadiran orang lain itu gak selalu harus sesuai sama ekspektasimu, karena mereka pun punya jalan hidup sendiri. Kamu boleh aja punya cara khusus buat menyelesaikan masalahmu, begitupun mereka.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana dalam Kehidupan yang Pantas Kamu Syukuri

Verified Writer

Gendhis Arimbi

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya