TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disayangkan, 5 Tanda Kamu Individualis dan Merasa Bisa Hidup Sendiri!

Perlahan, kamu akan menyesal saat kehilangan orang terdekat

Unsplash/Freestocks

Pada dasarnya setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, namun masih ada yang memberanikan diri menjadi individualis yang identik dengan egois. Mereka merasa sudah dapat memenuhi kehidupannya sendiri dengan materi yang dimiliki. Sangat disayangkan, berikut lima tanda jika kamu individualis dan merasa bisa hidup sendiri.  

1. Fokus pada kehidupan pribadi

Unsplash/darius bashar

Memang fokus terhadap kehidupan pribadi menjadi kunci agar tidak mudah membandingkan diri dengan orang lain. Namun bukan berarti, kamu menjadi enggan untuk peduli dengan sekitar. Misalnya kamu hanya peduli dengan permasalahanmu dan menghiraukan anggota kelurga yang sedang butuh bantuan menghadapi masalahnya. Hal inilah yang akan mengikis rasa empatimu.

2. Membatasi diri untuk terlibat dalam sosial

Unsplash/Vladimir Kudinov

Kamu merasa nyaman dengan kehidupan individualis dimana pekerjaan maupun penghasilan yang cukup untuk mewujudkan kehidupan yang kamu inginkan. Tanpa sadar, kamu menjadi membatasi diri untuk terlibat dalam hubungan sosial, seperti menjalin silaturahmi dengan tetangga maupun turut ikut serta dalam kegiatan masyarakat. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Terkenal Individualis, Meski Sudah Memiliki Pasangan 

3. Merasa bisa lakukan semuanya sendiri

Pexels/Ahmed Satti

Kamu yang merasa bisa melakukan semuanya sendiri, pada kenyataannya kurang memiliki life skill yang mumpuni. Hidup individualis tentu akan minim kemampuan dalam bersosial seperti bahu membahu menghadapi tantangan. Kamu akan kerepotan dan lelah sendiri ketika ada hal yang tidak kamu bisa namun kamu paksakan, padahal bisa meminta bantuan orang lain. 

4. Tidak suka berbagi kebahagiaan

Unsplash/Freestocks

Karena terlalu fokus pada kebahagiaan sendiri, jadi tidak terlintas untuk berbagi dengan orang lain. Bagimu, kebahagiaan adalah tugas masing-masing individu, sehingga tidak perlu untuk repot membantu orang lain. Jadi kebahagiaanmu ya seputar kamu dapat memenuhi kebutuhanmu. Padahal jika berbagi akan membuat kebahagiaanmu semakin bertambah.

Baca Juga: Gak Selalu Buruk, Ini 7 Hal Baik yang Dimiliki Seorang Individualis

Verified Writer

Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya