TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Terpengaruh Pemikiran Orang Lain

Buka hari baru dengan menghentikan kebiasaan toxic

Pexels.com/ Liam Anderson

Sering gak disadari, rupanya ada saja kebiasaan yang ternyata membuat hidup terasa sulit. Terlalu memikirkan bagaimana pandangan orang lain terhadap diri kita adalah salah satu contohnya.

Buat kamu yang sering merasakan hal itu, coba lakukan 5 hal ini biar gak melulu terjebak dalam kebiasaan yang toxic itu

1. Temukan hal yang menurutmu berharga dalam hidup

Unsplash.com/Brooke Cagle

Nyatanya, setiap orang memiliki perbedaan pandangan dalam mengartikan apa yang dianggap berarti atau berharga untuk diraih. Mulai saat ini bayangkan hal yang benar-benar ingin kamu capai. Dengan begitu kamu akan tahu dan fokus untuk mewujudkan tujuanmu itu.

2. Kelilingi dirimu dengan orang yang benar-benar menerima kamu

pexels.com/anafrancisconi

Ada yang bilang bahwa bagaimana dirimu ditentukan oleh siapa orang-orang yang ada di dekatmu. Jangan lagi buang waktumu untuk membuat orang mencintai kamu. Kelilingi dan cintai mereka yang jelas ada untuk kamu dan telah menerimamu apa adanya. Dengan begitu kamu akan merasa lebih bahagia dan tidak terlalu membuang tenaga.

Baca Juga: 5 Pengaruh Positif Ketika Kamu Bersikap Tenang Hadapi Suatu Masalah

3. Berhenti menyalahkan, dan mulailah menghargai diri sendiri

pexels.com/moose

Sadari bahwa tidak ada orang yang benar-benar sempurna. Juga tidak ada orang yang menuntutmu agar selalu terlihat luar biasa. Terima apa yang menjadi kekuranganmu dan jangan lagi menyalahkannya. Tak perlu memerdulikan apa yang mereka pikirkan dan mulai berjuanglah untuk dirimu sendiri.

4. Gunakan media sosial dengan lebih bijaksana

imdb.com/

Media sosial tak selamanya membawa dampak yang positif bagimu. Jika kamu tidak bisa mengendalikan pikiranmu tentang orang lain, ada baiknya kurangi atau bijaklah dalam menggunakan media sosial. Kamupun bisa memutuskan berhenti mengikuti mereka jika dirasa sangat mengganggu pribadimu sendiri

Baca Juga: 6 Alasan Lagis Kamu Sama Sekali Tak Butuh Pengakuan dari Orang Lain

Verified Writer

Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya