TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banyak Manfaatnya, Inilah 7 Cara Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain

#IDNTimesLife Tepatilah janji-janjimu 

Pexels.com/mentatdgt

Kepercayaan merupakan salah satu modal penting dalam menjalani kehidupan. Dengan memiliki sifat ini, orang-orang sekitarmu pun akan mudah memberikan tanggung jawab padamu. Gampang dipercaya juga akan membuatmu memiliki banyak teman.

Lantas, bagaimana caranya agar orang lain mudah menaruh kepercayaan padamu? Daripada makin penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Bersikap jujurlah dalam perkataan maupun perbuatan

Pexels.com/Jopwell

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kepercayaan orang lain yaitu dengan bersikap jujur. Gak hanya menunjukkannya dalam bentuk perkataan, perbuatanmu juga harus mencerminkan ucapanmu. Dengan begitu, orang-orang pun akan semakin yakin kamu orang baik yang bisa dipercaya.

2. Bertanggung jawablah terhadap semua tugas-tugasmu

Freepik.com/senivpetro

Ketika diberi tugas oleh atasan atau orang lain, hendaknya kamu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Selain hasil kerja jadi maksimal, orang yang memberimu tanggung jawab pun akan semakin menaruh kepercayaan padamu. Alhasil, reputasimu jadi terangkat dan semakin banyak orang yang menaruh kepercayaan padamu.

3. Berani meminta maaf dan mengakui kesalahan

Freepik.com/wirestock

Ketika berbuat keliru, alangkah baiknya kamu segera meminta maaf dan mengakui kesalahanmu. Sikap ini mungkin akan membuatmu malu, tapi efeknya orang jadi respek padamu. Mereka kian percaya kamu orang yang bisa dipercaya serta berani bertanggung jawab atas semua perbuatanmu.

Baca Juga: 7 Tips Tampil Lebih Percaya Diri Saat Online Meeting, Gak Akan Gugup!

4. Pandai-pandailah menjaga rahasia orang lain

Unsplash.com/Sam Farallon

Sebaiknya kamu menjaga rahasia orang lain dengan baik ketika dia memintanya. Hindari menceritakan hal tersebut pada pihak lain meskipun itu sahabat atau keluargamu sendiri. Dengan begitu, kamu pun akan semakin bisa diandalkan dan mudah dipercaya.

5. Jangan mudah menyalahkan, memojokkan, atau menjatuhkan pihak lain

Unsplash.com/Yuvraj Singh

Jangan sampai kamu melakukan tindakan buruk tersebut karena bisa menjatuhkan reputasimu sendiri. Kamu akan dijauhi orang sekitarmu kalau terbiasa menyalahkan atau menjatuhkan. Ini dikarenakan mereka curiga kamu akan melakukan tindakan tersebut padanya. Akibatnya, orang-orang pun jadi semakin sulit percaya padamu.

6. Hargailah pendapat lawan bicaramu

Unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Selalu hargailah pendapat lawan bicara meski mereka memiliki pemikiran yang berbeda denganmu. Ini menunjukkan kalau kamu mampu bersikap dewasa dan bisa dipercaya. Kebiasaan ini juga akan membuat mereka merasa nyaman ketika menyampaikan uneg-unegnya padamu.

Baca Juga: 6 Cara Bangun Kepercayaan Diri Setelah Ditinggal Nikah Mantan Pacar

Verified Writer

Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya