TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Millenial, Ini 5 Kontribusi yang Bisa Kamu Berikan Agar Indonesia Maju

#DearFutureIndonesia Kamu millennial? Baca ini!

pexels.com/rawpixel

Di era digital seperti sekarang ini, para millennial dianggap sebagai salah satu yang berperan penting dalam perkembangan suatu bangsa. Usia millennial yang dikategorikan dari umur 15-35 tahun menjadikan mereka sebagai orang-orang yang terbilang produktif.

Dalam rangka menuju Indonesia yang lebih baik, millennial tentunya mesti turut berkontribusi sebagai warga negara yang baik. Tak perlu kontribusi yang sangat hebat dan membanggakan, tapi bisa dimulai dengan hal-hal sederhana seperti berikut ini.

1. Menjunjung tinggi rasa hormat dan sikap sopan santun

pexels.com/rawpixel

Rasa hormat dan sikap sopan santun adalah hal yang sangat sederhana, namun seringkali dilupakan untuk dilakukan. Sebagai millennial yang berkualitas dua hal ini wajib diterapkan dalam sehari-hari. Gak hanya kepada orang yang lebih tua, tapi juga kepada yang seumuran maupun lebih muda. Ingat, semua orang berhal untuk diperlakukan sama atau setara ya.

Baca Juga: Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutan

2. Menghargai waktu sebaik-baiknya

pexels.com/Jonathan Miksanek

Kebiasaan santai atau suka menyepelekan waktu seringkali dipelihara. Waktu seringkali dianggap tak serius dan bukan hal yang terlalu penting. Padahal, seharusnya setiap detik waktu berjalan itu sangat berharga dan patut digunakan sebaik-baiknya.

3. Berpendirian teguh dan tak mudah terbawa arus

pexels.com/Ba Phi

Di dalam hidup ini gak hanya ada hal baik, tapi juga ada yang buruk. Wajar saja, yang namanya kehidupan pasti membutuhkan keseimbangan seperti itu. Sebagai millennial yang dewasa, ada baiknya memiliki pendirian yang teguh dan kokoh, serta gak bakal goyah karena pengaruh buruk dari luar diri.

4. Punya pola pikir yang luas serta positif-realistis

pexels.com/George Sistonen

Pola pikir sangat menentukan kepribadian seseorang dan perilakunya sehari-hari. Nah, maka dari itu, punya pola pikir yang luas akan membuat millennial menjadi orang yang terbuka dan punya rasa simpati tinggi.

Gak hanya itu, pola pikir yang positif-realistis juga diperlukan. Positif-realistis maksudnya sadar akan kemampuan diri atau keadaan sekitar, tapi tetap punya harapan dan keyakinan yang teguh.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Verified Writer

Imanuella Gerlani

God with us.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya