Comscore Tracker

Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutan

#DearFutureIndonesia Dari milenial untuk kemajuan bangsa

Menjadi seorang millennial di era sekarang ini, mungkin kamu merasa sangat istimewa. Selalu menjadi topik pembicaraan, selalu dianggap lebih dari generasi-generasi sebelumnya, terkadang membuatmu merasa sedang berada di awang-awang. Pujian dari kiri serta kanan akan segala kecanggihan serta kemodernan yang ada pada dirimu, membuatmu selalu ingin jadi yang paling terdepan. Benar, kan?

Namun, apa gunanya sih kepopuleran kamu sebagai millennial, kalau kamu saja gak bisa melakukan kontribusi baik untuk negara kita? Ngakunya millennial keren, tapi masih suka buang sampah sembarangan. Ngakunya paling up-to-date soal berita, tapi kerjaannya nyebar hoaks di mana-mana. Gak ada gunanya kan kepopuleranmu itu?

Berkontribusi untuk Indonesia, kamu gak harus nunggu jadi orang besar dulu. Gak perlu misalnya harus jadi seperti Nadiem Makarim dulu, untuk membuat Indonesia bangga padamu.

Lewat 4 kebiasaan kecil di bawah ini, kamu sebagai millennial pun bisa kok berkontribusi untuk membuat Indonesia menjadi negara yang nyaman untuk ditinggali, baik sekarang ataupun di masa yang akan datang.

1. Gak buang sampah sembarangan

Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutannewsdeeply.com

Kebiasaan buang sampah sembarangan entah mengapa masih mendarah daging, bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Dengan alasan klasik, gak menemukan tempat sampah terdekat, sampah dibuang begitu saja di pinggir jalan. Gak hanya merusak indahnya lingkungan, sampah yang menumpuk bisa menjadi sumber penyakit dan juga salah satunya jadi penyebab terjadinya banjir.  

Sebagai seorang millennial, kamu bisa mengubah kebiasaan ini mulai dari dirimu sendiri. Biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Kalau di sekitarmu gak ada tempat sampah, simpan dulu sampahnya di dalam tas atau kantongmu, sampai kamu menemukan tong sampah. Jangan juga seenaknya buang sampah lewat kaca, saat kamu lagi dalam mobil. Kamu kan bisa berhenti sebentar untuk membuangnya pada tempat sampah yang ada di pinggir jalan.

Hal kecil berdampak besar. Gak mau kan kalau negara kita yang terkenal indah, malah dikecam karena jadi negara penghasil sampah terbesar?

2. Sosialisasi selalu tetap terjaga

Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutantreebo.com

Walaupun kaum millennial dikenal begitu dekat dengan gadget-nya, gak harus dong kamu sepanjang hari selalu berinteraksi dengan gadget-mu saja. Luangkan waktumu untuk bersosialisasi dengan sesama manusia, sesuai kodratmu sebagai seorang makhluk sosial.

Keluarga, tetangga, serta teman lebih krusial perannya dibanding dengan gadget yang kamu miliki. Siapa yang mengurusimu saat kamu sakit? Siapa yang menjengukmu? Bukankah orang-orang terdekat, serta yang berada di sekitarmu. Jadi jangan hanya karena mendewakan teknologi, kamu jadi kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi.

Jangan sampai negara kita yang terkenal dengan keramahtamahannya ini, malah berubah jadi negara yang dipenuhi oleh orang yang apatis dan hanya sibuk dengan dirinya sendiri.

Baca Juga: Ini 6 Peranan Nyata Millennial untuk Jadikan Indonesia Lebih Baik

3. Menggunakan internet dengan bijak

Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutancollectivedge.com

Kamu para milenial tahu gak dengan yang namanya netiquette? Layaknya etiket yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, kita pun juga punya etiket dalam beraktivitas di dunia maya.

Yang jadi permasalahan sekarang adalah banyak orang, terutama millennial, yang tak sadar bahwa menggunakan internet pun ada tata kramanya. Alhasil, sering sekali ditemukan penghinaan ataupun perundungan di dunia maya. Salah sedikit saja, seseorang bisa menjadi bulan-bulanan dari warganet.

Dibanding melakukan hal tak terpuji tersebut, alangkah lebih baiknya jika akses internet yang kamu miliki kamu manfaatkan untuk menyebarkan hal-hal positif. Sederhana saja, kamu bisa mulai dengan posting ulang konten positif atau jika kamu merasa punya kreativitas lebih, kamu pun bisa membuat vlog yang berisikan hal-hal positif dan inspiratif.

Gak perlu takut kuotamu habis untuk melakukan hal baik ini, karena sekarang ada paket #Super4GKuota dari Smartfren untuk menemanimu membuat konten positif sebanyak-banyaknya. Lewat kuota internet melimpah dengan harga yang terjangkau dari Smartfren ini, kamu pun gak perlu ragu lagi untuk #KuotakanMaumu serta #KuotakanSuaramu, demi tersebarnya banyak hal positif di negeri ini.

4. Tidak menyebar hoaks

Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutantravelandleisure.com

Pada era global sekarang ini, arus hoaks atau berita bohong menjadi salah satu yang paling susah dibendung. Keberadaan media sosial merupakan salah satu hal yang menjadikan hoaks begitu cepat tersebar, dari satu orang ke orang lainnya.

Lewat fitur share, repost serta retweet, hoaks bisa menjadi begitu viral dan membuat banyak orang mempercayainya begitu saja, tanpa mau repot untuk mengecek ulang kebenarannya.

Kalau kamu tipe millennial yang suka membuat hoaks atau membagi suatu berita tanpa mau repot-repot mencari kebenarannya, kayaknya kamu harus hentikan deh kebiasaanmu ini. Selain merugikan banyak orang karena telah menimbulkan keresahan publik, kamu juga bisa terancam hukuman penjara hingga 6 tahun. Gak mau kan masa mudamu malah berakhir di balik jeruji besi?

Terdengar sederhana sih 4 kebiasaan di atas, namun jika kamu serta jutaan millennial di Indonesia melakukan hal kecil tersebut, bisa dibayangkan betapa besarnya dampak positif yang akan diberikan pada negara kita. Selalu jadi millennial hebat, ya!   

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You