TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asing

Jangan sembarangan berbagi rahasia, ya

pixabay.com/StockSnap

Satu-satunya cara agar rahasia tidak diketahui orang lain adalah dengan menyimpannya seorang diri. Namun tak semua rahasia harus disimpan sendiri. Terkadang, ada beberapa rahasia yang ingin kita bagi kepada orang terdekat, namun rasanya kelu untuk dikatakan.

Tanpa disadari, terkadang kita lebih mudah berbagi 'rahasia' tadi dengan orang asing yang baru kita kenal beberapa jam atau beberapa hari lalu. Ada beberapa tipe orang yang suka melakukan hal tersebut karena beberapa alasan seperti di bawah ini.

1. Merasa lebih nyaman berbagi rahasia dengan orang asing daripada dengan orang terdekat

pixabay.com/StockSnap

Ketika kita sedang berbagi rahasia kepada orang asing, orang tersebut akan melontarkan tanggapan berdasarkan sudut pandang mereka. Umumnya, hal ini dilakukan dengan tujuan agar kita bisa merasa lebih nyaman dalam obrolan tersebut.

Orang-orang yang memiliki kepedulian tinggi akan menambahkan tanggapannya dengan mencoba untuk memberi opini tentang apa yang kira-kira bisa kita lakukan. Bahkan, beberapa kriminal yang menggunakan kesempatan ini dengan tujuan negatif pun melakukan hal yang sama, agar bisa mendapatkan informasi pribadi seseorang.

Tapi, tidak semua orang melakukan hal yang sama. Karena sebagian besar orang melakukan hal tersebut hanya untuk membuat suasana mencair dan tidak canggung.

Baca Juga: 5 Rahasia Ini Tidak Boleh Kamu Ceritakan pada Orang Lain, Kenapa?

2. Merasa memiliki hubungan yang intim dengan orang lain

pixabay.com/Vladvictoria

Pernahkah kalian bertemu dengan seseorang di halte atau transportasi umum, lalu membangun komunikasi selayaknya orang yang sudah lama kenal? Nah, ketika kalian membangun komunikasi tadi, kalian pasti secara tidak sadar akan berbagi rahasia yang kalian miliki kepada orang tersebut karena tiba-tiba merasa intim dengan bahan komunikasi dan situasi yang ada.

Situasi seperti tadi mampu membuat kalian keliru dan bisa memicu kalian untuk berbagi rahasia yang sebenarnya lebih baik dibagikan kepada orang terdekat saja.

3. Orang asing tidak benar-benar mengenal siapa diri kita sebenarnya

pixabay.com/StockSnap

Alasan ini adalah salah satu alasan yang paling sering kita berikan ketika ditanya, mengapa kita bisa terlalu terbuka dengan orang asing. Alasan ini seperti alasan paling logis dan patut untuk dipertimbangkan.

Beberapa dari kita memutuskan untuk melampiaskan emosi dengan berbagi rahasia kepada orang asing, yang notabenenya tidak benar-benar mengenal siapa diri kita sebenarnya dan apa yang pernah terjadi sebelumnya. Momentum yang pas juga memicu kita untuk membuka diri dengan berbagi rahasia tersebut.

4. Merasa tidak takut mendapat penghakiman

pixabay.com/chulmin1700

Tidak ada orang yang mau mendapatkan penghakiman ketika sedang berbagi keluh kesahnya. Ketika kita memutuskan untuk berbagi rahasia kepada orang lain, maka saat itu juga kita merasa tidak takut di-judge, karena orang asing cenderung tidak mengetahui siapa diri kita sebenarnya Orang asing tadi bisa dijadikan tempat bersandar sejenak, tanpa perasaan perlu berhati-hati karena takut dengan prasangka mereka.

Hubungan tadi pun membuat apa yang kita ceritakan kepada orang lain bisa mengalir dengan lancar. Berbeda dengan saat kita berbagi rahasia kepada orang yang kita kenal. Terkadang, kita malah jadi sulit membedakan mana cerita yang benar-benar mereka dengarkan dan mana cerita yang nantinya justru akan menjadi bahan omongan di belakang.

Baca Juga: 6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! 

Verified Writer

Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya