Comscore Tracker

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! 

Jadilah orang yang bisa menjaga rahasia orang lain

Semua orang pasti pernah curhat dengan orang lain. Orang percaya bahwa dengan curhat bisa meringankan beban dan mendapatkan solusi yang tepat. Namun, sayangnya sering kali orang yang dianggap bisa untuk dijadikan tempat curhat, justru melakukan hal-hal yang sangat menjengkelkan.

Padahal, kita sudah berharap ia bisa membuat diri kira merasa nyaman. Oleh karena itu, agar kamu tidak salah menanggapi orang yang sedang curhat, kamu memperhatikan enam hal berikut ini. 

1. Jangan memotong pembicaraan dan dengarkanlah curhatan orang tersebut dengan serius

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! Dramabeans.com

Jangan pernah memotong pembicaraan orang lain! Apalagi, ketika seseorang sedang curhat, ia ingin mengungkapkan semua beban yang ia rasa. Jika kamu ingin memberi nasihat, berilah ketika ia sudah selesai berbicara. Ketika kamu bisa menghargai ia berbicara, maka ia pun akan lebih menghargai nasihat yang nantinya akan kamu berikan.

Lagi pula, memberikan waktu untuk orang yang sedang curhat untuk berbicara akan membuat dirinya merasa lebih lega. 

2. Jangan menuduh atau memojokkan dirinya

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! Dramabeans.com

Bisa jadi orang yang sedang curhat kepada kamu telah melakukan kesalahan yang sangat fatal. Namun, bukan berarti kamu bisa memojokkan dirinya. Coba kamu pikirkan kembali, ketika ia mau curhat tentang kesalahannya kepada kamu, itu berarti ia ingin memperbaiki kesalahan tersebut. Lalu, kenapa kamu harus semakin memojokkan dirinya? 

Justru, kamu harus bisa menjadi orang yang mendukung dirinya dan memberikan solusi agar ia bisa memperbaiki kesalahan tersebut, bukannya semakin menuduh dan memojokkan dirinya. 

3. Berusahalah untuk bisa memahami kondisi orang tersebut

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! Dramabeans.com

Ketika seseorang sedang curhat, berusahalah untuk memahami kondisi orang tersebut. Bisa jadi, kamu merasa masalah yang ia hadapi sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Namun, karena kondisinya yang sedang tertekan, ia pun tidak bisa berpikir dengan jernih. 

Percayalah, semakin baik kamu bisa memahami keadaan orang tersebut, maka semakin nyaman juga ia curhat kepada dirimu. Nah, ketika ia sudah merasa semakin nyaman, maka kamu pun bisa memberikan solusi yang lebih tepat untuk dirinya. 

Baca Juga: Sadari, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Orang Lain Malas Curhat Kepadamu

4. Berikanlah tanggapan yang sejujurnya, tapi jangan lupa untuk memilih kalimat yang bijaksana

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! Dramabeans.com

Tak bisa dipungkiri ketika seseorang sedang curhat, ia akan jauh lebih mudah merasa sensitif. Oleh karena itu, jika kamu ingin menanggapi curhatan orang tersebut, pilihlah kalimat yang bijaksana dan dapat membangun kepercayaan dirinya.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh jujur dengan orang tersebut. Sebagai teman curhat yang baik, kamu harus mengatakan yang sebenarnya, jika salah katakan salah dan jika benar katakan benar.

Tapi, ingat ketika kamu ingin mengatakan kepadanya untuk mengubah hal yang salah, pilihlah kalimat dengan bijaksana. Intinya, jangan sampai ia salah paham terhadap perkataan yang kamu ucapkan. 

5. Hibur dirinya dengan aktivitas favoritnya

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! Dramabeans.com

Ketika seseorang sedang curhat, itu berarti ia sedang menghadapi sebuah masalah. Agar ia tidak kepikiran lagi dengan masalah yang sedang ia hadapi, kamu bisa mencoba menghibur dirinya dengan berbagai kegiatan favoritnya.

Tak ada salahnya, membuat ia melupakan masalahnya sejenak. Siapa tahu, ketika ia bisa melupakan masalahnya, maka pikirannya akan lebih terbuka dan bisa mendapatkan solusi atas permasalahan tersebut. 

6. Jagalah rahasia orang lain sebaik mungkin

6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! Dramabeans.com

Jangan pernah berpikiran untuk membeberkan curahan hati seseorang ke orang lain. Kamu harus ingat, ketika seseorang curhat kepada dirimu itu berarti mereka ingin kamu tidak menyebarluaskan apa yang ia ceritakan kepada dirimu. 

Lagi pula, selain kamu sudah membuat orang tersebut merasa malu, kamu juga sedang menghancurkan reputasimu sendiri. Apakah kamu mau mendapat julukan “si mulut ember?” Jika tidak mau, maka jagalah rahasia orang lain dengan sebaik mungkin. 

Itulah tindakan yang perlu kamu lakukan ketika ada teman yang curhat padamu. Jangan melakukan hal sebaliknya ya, bisa bikin hubunganmu dengan dia jadi jelek nih!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya