TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lain

Jangan terpancing!

pixabay.com/Free-Photos

Gak semua orang akan suka kepadamu. Bahkan, beberapa orang bisa saja membencimu meski kamu gak pernah berbuat salah pada mereka. Kamu mungkin punya sesuatu yang membuat mereka cemburu atau iri hingga pada akhirnya membencimu.

Orang-orang terdekatmu seperti teman atau keluarga bahkan bisa saja memiliki rasa iri dan kebencian terhadapmu, sehingga mereka mencoba untuk menjatuhkanmu. Lalu, bagaimana cara menghadapi orang-orang seperti itu? Simak beberapa tips untuk menghadapi rasa iri dan kebencian dari orang lain seperti berikut ini.

1. Jangan lakukan apa yang mereka lakukan

pixabay.com/StockSnap

Kadang-kadang, orang yang menerima kecemburuan dan kebencian dari orang lain berbalik melakukan hal yang sama. Kamu gak perlu melakukannya. Jangan jadi salah satu dari mereka yang iri dan benci sampai ingin menjatuhkan. Kamu hanya perlu melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. 

2. Jangan membebani pikiran dengan kebencian mereka

pixabay.com/Engin_Akyurt

Kamu gak perlu memikirkan kebencian yang kamu terima dari orang lain. Jangan pernah menjadikannya sebagai beban pikiran. Jika kamu terus menerus memikirkannya, kamu hanya akan menjadi semakin down dan pada akhirnya gak lagi melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. Tentu saja itu yang mereka inginkan, melihatmu jatuh. Maka, jangan pikirkan mereka!

Baca Juga: 5 Tipe Karyawan yang Paling Dibenci di Kantor, Kamu Salah Satunya?

3. Anggap mereka tidak waras

pixabay.com/Free-Photos

Hanya orang-orang gak waras yang cemburu dan benci padamu sementara kamu gak pernah melakukan kesalahan. Mereka hanya iri hingga akhirnya menimbulkan kebencian. Mereka gak punya apa yang kamu punya dan ingin menjadi sepertimu, tapi gak punya kemampuan. Itulah mengapa mereka membenci dan ingin menjatuhkanmu. Mereka gak waras, jadi jangan terpancing.

4. Jauhi orang-orang yang membencimu

pixabay.com/JESHOOTS-com

Putuskan hubungan dengan orang-orang yang iri dan benci, mereka beracun. Kamu gak perlu bertahan di sisi mereka bahkan jika mereka adalah teman atau keluargamu. Gak ada teman apalagi keluarga yang mau menjatuhkanmu, jadi jauhi mereka. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak & Elegan Mengakhiri Toxic Friendship, Jangan Tunda Lagi

Verified Writer

Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya